Ciri Ciri udang Vaname

Udang Vaname atau yang lebih sering dikenal dengan udang putih merupakan spesies asli yang berasal dari Amerika Tengah. Ia termasuk ke dalam golongan ordo decapoda yang juga merupakan golongan lobster, kepiting, dan udang yang lainnya. Saat ini ia juga salah satu jenis udang intoduksi yang banyak dibudidayakan oleh pertambakan.

Hal tersebut dikarenakan tubuhnya yang tidak mudah terserang penyakit dan dapat bertumbuh dengan cepat. Selain itu, ia juga memiliki kontribusi volume ekspor rata-rata jenis udang yang mencapai 85%. Menarik bukan untuk peluang bisnis? Yuk kita dalami apa saja ciri ciri udang vaname berikut ini:

Mengenal Morfologi dan Ciri Ciri khusus Udang Vaname

1. Tubuh

Udang bernama latin litopenaeus vannamei ini memiliki tubuh yang berbuku-buku serta dapat berganti kulit luar atau disebut dengan moulting. Tubuhnya juga dibalut kulit tipis yang keras dari bahan chitin. Hal ini berguna untuk makan, menopang insang, bergerak, serta organ sensor seperti antenula dan antena.

Bukan hanya itu saja, tubuh si udang putih pasifik ini dibagi menjadi 2 bagian yakni cepalothorax yaitu kepala dan dada. Bagian berikutnya adalah abdomen yaitu berupa ekor dan perut. Cepalotholax dilindungi oleh karapas yaitu chitin yang tebal. Bagian ini juga memiliki 5 ruas kepala dan 8 ruas dada. Untuk bagian tubuhnya sendiri atau abdomen terdiri dari enam ruas dan satu telson.

Artikel terkait: ciri ciri udang rebon

2. Ukuran

Selanjutnya ciri ciri udang vaname yaitu, ukurannya yang sangat kecil jika dibandingkan dengan udang yang lain seperti udang jrebug dan juga udang windu. Akan tetapi ukurannya dapat membesar seiring dengan moulting yang dilakukan secara periodik. Ia akan melakukan pelepasan jaringan penghubung antara kutikula ekstrakurikuler dan epidermis.

Ia melepaskan diri untuk menyerap air dan memperbesar tubuhnya kemudian kulitnya mengeras lagi. Pada umumnya induk betina yang siap pijah berukuran 25 hingga 40 gram/ekor. Untuk ukuran siap panen umur 100 hari atau 3,5 bulan yaitu 60 sampai 80 gram/ekor.

Artikel terkait: ciri ciri udang lobster

3. Warna

Ciri ciri udang vaname yang selanjutnya bisa dilihat dari warna. Seperti namanya, yaitu udang putih pada kulit tipis berbahan chitin warnanya putih kekuning-kuningan. Sedangkan untuk kakinya berwarna putih. Warna ini juga berfungsi untuk melindungi diri dari pemangsa karena tidak terlalu terlihat.

4. Kaki

Kemudian ada kaki dari saudara lobster ini, yaitu kakinya berjumlah sepuluh atau lima pasang kaki. Endopodit kaki berjalan menempel di celothoporax yang dihubungkan oleh coxa. Selain itu, adapula ruang diantara coxa dan dactylus secara berturut-turut yaitu basis, 6 ischium, merus, carpus, dan corpus.

Artikel terkait: ciri ciri udang ronggeng

5. Gigi

Ciri ciri selanjutnya ada bagian gigi. Secara khususnya gigi vaname ada 2 yang ada di tepi rostum bagian vental. Sedangkan pada tepi rostum bagian dorsal terdapat delapan sampai sembilan gigi.

6. Kepala

Yang terakhir ciri ciri udang vaname yaitu, bagian kepala yang agak menjorok keluar. Namun sesungguhnya itu adalah kelopak kepala yang memanjang disertai bagian pinggir yang bergerigi atau bisa disebut dengan cucuk atau rostum. Rostum tersebut memiliki sembilan gerigi pada bagian atas dan pada bagian bawah ada dua gerigi saja.

Artikel terkait: ciri ciri udang jerbung

Sedangkan di bawah pangkal kepala spesies asli Amerika Tengah ini ada 2 bola mata. Selain itu, kepala udang dengan rata-rata ekspor yang cukup besar tersebut terdiri atas antenula, mandibula, antena, dan maxilipied. Hal tersebut berfungsi untuk makan.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha

Tinggalkan Balasan