Ciri Ciri Udang Ronggeng

Ada berbagai jenis udang yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di daerah ibu pertiwi. Dari sekian banyak udang, ada yang berukuran besar hingga menyerupai salah satu hewan laut yang merupakan kerabat dekatnya. Jenis tersebut adalah udang ronggeng.

Inilah salah satu spesies yang banyak dicari karena mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan yang lain. Agar tidak terkecoh dengan binatang air lainnya, berikut ciri ciri udang ronggeng yang harus diketahui.

Pahami Morfologi dan Ciri Ciri Udang Ronggeng

1. Bentuk tubuh dan ukuran yang dimiliki

Bentuk badan dari salah satu jenis hewan berbuku buku tersebut adalah memanjang meskipun mempunyai kompenen tubuh yang lain di sekitarnya. Ciri ciri udang ronggeng adalah ukurannya yang jumbo jika dipadankan dengan beberapa jenis yang berbeda. Tubuhnya mempunyai wujud yang tipis memipih. Bedanya dengan jenis hewan yang mirip dengannya adalah, udang tersebut berukuran panjang dan terkulai ke belakang.

Meskipun pada bagian ujung depannya terdapat sebuah organ yang hampir menyerupai capit, namun itu bukanlah bagian tubuh tersebut. Ini hanyalah bagian dari alat geraknya untuk menjangkau makanan ataupun benda-benda lainnya yang menghalangi pergerakan binatang tersebut di dalam air. Kaki yang dimiliki berjumlah hampir tak terhitung berapa karena memang tersusun berhimpitan satu sama lain dan tidak sedikit. Banyak yang menyamakan kaki tersebut seperti dengan hewan kaki seribu.

Namun jika sudah kaku dan diletakkan, maka akan mirip dengan salah satu jenis serangga. Tak lain dan tidak bukan adalah mantis. Hal tersebut karena organ seperti tanduk yang menjadi identitasnya tersebut berukuran lebih dari keseluruhan tubuhnya. Tangan yang ada pun juga mempunyai gambaran yang persis dengan anggota dari lima kelompok anamalia itu.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri udang jerbung

2. Mata dan indera yang lain

Organ yang dipakai untuk melihat oleh binatang tersebut memiliki satu keistimewaan. Ciri ciri udang ronggeng adalah satu dari sekian mata yang dimilikinya dapat bergerak melingkar secara penuh. Pada bagian mulutnya, tidak memiliki bibir ataupun lidah seperti halnya jenis hewan yang lain. Karena ini merupakan bagian dari keluarga krustasea, maka pastinya berbeda.

pertama kali melewati organ itu dan akhirnya berlanjut pada tahapan selanjutnya. Setelah gilasan itu, maka santapan harus diiris kecil kecil dan akhirnya dihaluskan menjadi lembek seperti bubur.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri udang galah

3. Kulit kerasnya

Ini adalah salah satu karakteristik yang mencolok dari hewan berbuku tersebut. Pada sekujur tubuhnya dilapisi oleh kulit yang cukup keras sehingga sulit ditembus oleh berbagai serangan yang mungkin terjadi padanya. Tekstur ini merupakan hasil dari pembekuan dari salah satu kandungan pada lapisan pembungkus tersebut.

Epidermisnya mempunyai keelokan tersendiri karena menghasilkan sebuah perpaduan dari beberapa warna. Pada bagian kepalanya, terdapat banyak lapisan tajam. Itu adalah salah satu pelindung diri pada hewan itu.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri udang windu

4. Tempat hidup

Ciri ciri udang ronggeng adalah memiliki dua organ pengganti pada mulutnya. Morfologinya berlainan dengan beragam binatang air yang ada di muka bumi. Hewan yang mempunyai abdomen pada sekujur badannya itu memiliki sebuah alat untuk menggilas apapun yang dilahapnya.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan candiru

Binatang laut ini hanya dapat tinggal pada perairan yang mempunyai sebuah media untuknya hidup. Ia seringkali ditemukan menempel pada beberapa karang ataupun batu pada dasar laut. Ciri ciri udang ronggeng yaitu mereka hanya akan tinggal pada lapisan keras saja. Ia akan bergerak mencari asupan nutrisinya pada saat matahari sudah tenggelam.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha