Ciri Ciri Udang Lobster

Salah satu jenis hewan yang banyak sembunyi di balik batu ini banyak menjadi santapan kesukaan dari bermacam macam orang. Hewan dengan dua bagian utama tubuh serta ukuran yang begitu besar ini sering disajikan pada berbagai tempat makan yang tersebar baik di Indonesia maupun belahan bumi yang lain.

Ciri ciri udang lobster memang sudah sangat dikenal sehingga masyarakat tidak terlalu kesulitan saat memilih varian hewan laut untuk menjadi pemuas perut yang lapar.

Morfologi dan Ciri Ciri Udang Lobster yang Lengkap beserta Penjelasannya

1. Wujud badannya

Hewan yang terkenal cukup mahal ini memiliki tubuh yang jumbo. Banyak yang menamakannya sebagai udang raksasa karena ukurannya dapat mencapai beberapa meter jika direntangkan. Jika ditegakkan, memang binatang tersebut akan mempunyai tinggi yang lebih daripada kerabat pada jenis yang sama. Kepala terlihat jelas dengan sebuah lapisan kulit yang cekung. Keseluruhan tubuhnya memang nampak seperti tabung karena melengkung pada kedua sisi di pinggirnya.

Artikel terkait: ciri ciri udang ronggeng

2. Alat gerak yang dimiliki

Ciri ciri udang lobster yang mencolok jika disandingkan dengan jenis serupa yakni adanya bagian tubuh yang mampu menjepit apapun yang mengganggunya. Ini juga diperlukan manakala mereka bergerak dan menyingkirkan baik rumput lain atau apapun yang menghalanginya. Pada bagian pinggir organ tersebut terdapat duri yang cukup runcing. Fungsinya adalah untuk mencabik-cabik dan mengoyak mangsanya.

Antena yang melebar ke atas tubuhnya juga merupakan ciri ciri udang lobster yang sangat mudah untuk diteliti. Agar dapat berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya, hewan yang memiliki ruas ruas pada bagian perutnya tersebut menggunakan semacam kaki. Alat tersebut dimiliki lebih dari dua pasang pada ruas perut yang dekat dengan kepalanya.

Artikel terkait: ciri ciri udang jerbung

Tidak seperti hewan hewan pada umumnya, jenis betinanya memakai alat gerak tersebut sebagai tempat untuk menyimpan telur yang dihasilkan sebelum akhirnya menetas dan hingga merayap keluar bebas dari induknya tersebut. Di ruas tubuh berbeda, terdapat sekitar sepuluh kaki untuk membuatnya bebas menyusuri alam bawah air di sekitar mereka.

3. Kulit yang membungkusnya

Tidak jauh berbeda dari beragam jenis hewan dalam golongan yang serupa, ciri ciri udang lobster yakni lapisan yang membungkusnya bertekstur kasar dan juga tidak mudah untuk ditembus oleh benda tajam. Hal tersebut membuatnya tidak mudah untuk menjadi gepeng karena tertimbun oleh batu atau apapun yang menjadi habitat di mana mereka tinggal.

Artikel terkait: ciri ciri udang galah

Jika dilihat dari keindahannya, sebenarnya binatang yang nampak cukup menakutkan ini memiliki warna yang bervariasi sesuai dengan jenisnya. Ada beberapa macam udang lobster yang bisa ditemukan. Dari itu semua dapat dibagi menjadi beberapa kelompok baik dari segi tempat di mana binatang air ini hidup, morfologi yang menjadi ciri khasnya, serta ukurannya. Warna yang menjadi sesuatu pembeda yang begitu terlihat juga bisa menjadi salah satu tolok ukurnya.

Beberapa udang dapat memiliki warna warna yang gelap seperti coklat, biru, hingga hijau. Tentu saja varian tersebut bercorak pekat sehingga dapat dibedakan dengan mudah. Sementara itu, kategori yang lain adalah kelompok udang dengan warna yang relatif bening murni.

Artikel terkait: ciri ciri udang windu

4. Habitatnya

Ciri ciri udang lobster adalah tempat tinggalnya berada pada area yang relatif ramai dengan benda benda alam yang keras. Ada jenis yang tinggal pada air dengan kandungan garam tinggi. Namun, beberapa diantaranya memang hidup pada air tawar. Terlepas dari itu semua, jenis krustase tersebut tinggal pada kedalaman yang cukup jauh di bawah permukaan air.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha