Ciri Ciri Udang Jerbung

Salah satu jenis udang yang diminati oleh masyarakat adalah udang jerbung (Penaeus merguiensis). Di Indonesia sendiri yang merupakan negara penghasil udang jerbung terbesar di dunia disebut dengan udang putih. Tak heran jika banyak masyarakat yang memburu udang ini untuk dijual atau untuk keperluan makanan mereka sendiri.

Dari sekian banyak jenis udang, udang jerbung memiliki ciri khas tersendiri untuk dikenali. Untuk mengenali ciri ciri udang jerbung, yuk baca artikel ini sampai habis.

Beberapa Morfologi dan Ciri Ciri Udang Jerbung

1. Warna

Dilihat dari warnanya, ciri ciri udang jerbung adalah memiliki warna putih kekuningan dengan bintik coklat dan hijau. Ada juga yang berwarna kuning kemerahan. Udang jenis ini memiliki kulit yang tipis dan licin. Pada ujung ekor dan kakinya memiliki warna merah. Udang jerbung juga memiliki antena yang berwarna merah dengan beberapa garis yang berwarna merah tua.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri udang galah

2. Ukuran

Ciri ciri udang jerbung selanjutnya adalah memiliki ukuran sebesar udang windu dan mengalami pertumbuhan lebih cepat. Ukuran udang betina dapat mencapai panjang 240 mm dengan berat 40 gram. Udang betina memiliki ukuran yang lebih besar dari pada udang jantan di usia yang sama.

Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata ukuran panjang udang jerbung pertama kali matang kelamin yaitu di bagian karapas memiliki panjang 38,3 mm. Panjang karapas maksimum adalah 40,7 mm. Udang jerbung jantan memiliki laju pertumbuhan 1,00 per tahun. Sedangkan untuk udang betina, laju pertumbuhanya adalah 1,10 per tahun.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri udang windu

3. Habitat udang jerbung

Hidup di laut bagian dasar dan senang hidup di daerah yang berlumpur juga menjadi ciri ciri udang jerbung. Oleh karena itu, udang ini banyak menghabiskan waktunya untuk mendiami dasar sungai yang berpasir atau berlumpur yang berkedalaman 10-45 meter.

Udang ini tersebar di seluruh perairan yang ada di Indonesia. Termasuk Aceh sampai Irian Jaya. Udang putih ini memang memiliki daya adaptasi yang sangat baik terhadap segala kondisi perairan. Kondisi perairan yang terdapat teluk dengan aliran air yang besar adalah daerah yang sangat baik untuk udang ini. Udang dewasa biasanya banyak ditemukan di perairan selasar, terlebih di daerah perairan yang dekat dengan muara sungai yang dapat mencapai 60-80 mil dari pantai di kedalaman 8-40 m.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan candiru

4. Tingkah laku udang jerbung

Udang ini lebih aktif jika dibandingkan dengan jenis udang vaname. Mereka biasanya aktif mencari makan pada siang hari.

5. Rostrum udang jerbung

Rostrum merupakan bagian depan kepala yang memiliki ujung tajam dan bergerigi. Pada udang jerbung, gigi rostrum pada bagian atas sebanyak 5-8 buah. Sedangkan pada bagian bawah, terdapat gigi rostrum sebanyak 2-5 buah. Tapi ada juga udang jenis ini yang memiliki 6-7 gigi rostrum di bagian atas dan 4-5 buah di bagian bawah.

6. Abdomen

Abdomen pada udang ini memiliki ciri ciri somit kelima hanya mempunyai satu cicatrice. Sedangkan yang keenam mempunyai tiga cicatrice. Udang ini juga memiliki telson yang tidak berduri.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan pari

7. Alat Reproduksi

Ciri ciri udang jerbung berikutnya dapat kita lihat pada alat reproduksi. Dimana udang ini memiliki alat reproduksi yang bersifat heteroseksual. Setelah tingkat post larva terakhir selesai, jenis kelamin udang ini baru bisa dibedakan. Alat kelamin jantan (petasma) terletak di antara pasangan pertama kaki renang kelima. Sementara alat kelamin betina, yakni telikum, terletak di antara pasangan kaki jalan keempat dan kelima.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha

Tinggalkan Balasan