Ciri Ciri Ikan Pari

Kehidupan bawah laut menyimpan sejuta keunikan dan keindahan atas keberagaman yang dimilikinya. Ikan pari merupakan satu dari sekian banyak kekayaan bahari dengan karakteristik unik yang dimilikinya. Anda tertarik untuk mengenalnya lebih dalam, simak beberapa ciri ciri ikan pari di bawah ini.

Berikut Morfologi dan Ciri Ciri khusus Ikan Pari

1. Memiliki Tubuh Gepeng

Ciri ciri ikan pari yang pertama yaitu terlihat pada penampakan fisiknya secara umum. Bagi Anda yang belum pernah melihatnya atau mungkin sudah pernah tahu tetapi tidak mengerti jika itu ikan pari, bentuk tubuhnya adalah pipih atau gepeng.

Pada penjabaran ini dimaksudkan bahwa bentuk tubuh yang dimiliki terlihat lebih gepeng dan lebar dibandingkan dengan jenis ikan yang lain. Dimana pada bagian atasnya terdapat sedikit gundukan daging yang agak sedikit menonjol tapi tidak terlalu tebal. Siripnya juga lebar dan panjang dari bagian bawah kepala hingga ujung badan.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan cakalang

2. Memiliki Dua Bentuk Sisik

Ciri ciri ikan pari yang kedua yaitu terletak pada penampakan sisiknya. Setiap jenis ikan memiliki bagian ini sebagai alat yang difungsikan untuk melindungi diri atau penutup dari tubuhnya. Begitu pula dengan ikan pari, namun bedanya terdapat dua jenis sisik yang ada di tubuhnya, yaitu sisik placoid dan kenoid. Keduanya memiliki bentuk dan penampakan yang sedikit berbeda.

Pertama yaitu sisik placoid, memiliki bentuk yang menyerupai pola bunga mawar namun pada bagian dasarnya berbentuk Seperti bujur sangkar. Biasanya terlihat seperti duri yang menonjol keluar dari bagian epidermisnya. Kedua, yaitu kenoid dimana pada ikan pari menjadi bagian dari duri sirip dorsal. Bentuknya seperti sisir dengan susunan dan struktur yang menyerupai sisik jenis sikloid.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan belut listrik

3. Warna Tubuhnya

Ciri ciri ikan pari yang ke tiga yaitu terletak pada warna yang dimilikinya. Pada sebagian besar ikan laut warna tubuhnya cenderung gelap dan variatif. Begitupulah dengan ikan pari, warna yang dimilikinya sangat bervariasi tergantung jenisnya. Pola motif yang dimiliki juga sederhana, hanya terdapat dua pembeda warna di bagian punggung dan juga perutnya.

Kebanyakan jenis pari memiliki penampakan rupa keabu-abuan, cokelat, dan juga hitam pada bagian punggungnya. Namun pada bagian perutnya cenderung putih atau pucat. Beberapa ditemukan spot totol sebagai motif tubuhnya. Variasi pada jenis-jenisnya menjadi salah satu keunikan yang tidak banyak dimiliki oleh jenis ikan lainnya.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan lele

4. Ekor Panjang

Keunikan lain dari karakteristik yang dimiliki oleh ikan pari yaitu terletak pada bagian ekornya. Mungkin ukuran dari tubuhnya tidak terlalu panjang, namun ekor yang dimilikinya cukup terbilang panjang dibandingkan dengan ikan lainnya. Keunikan ini menjadi satu daya pikat yang dimiliki dalam bentuk morfolologinya.

Tekstur yang dimiliki oleh ekornya juga sangat keras dan juga terlihat memiliki bagian tulang yang kuat. Namun, jangan terpanah dengan keindahan bentuknya, karena perlu diketahui bersama bahwa bagian ini sangat tajam dan juga menyimpan racun.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan koki

5. Cara Berkembang biaknya

Setiap makhluk hidup melakukan perkembangbiakan ketika mengalami siklus kehidupannya. Sama halnya dengan ikan Pari, bahwa jenis ini juga melakukan proses perkembangbiakan untuk melangsungkan kehidupannya.

Ciri ciri ikan pari terakhir ini bisa dilihat dari karakteristik morfoligisnya. Dimana cara berkembang biak yang dilakukannya yaitu dengan bertelur. Induknya akan menyimpan telurnya pada sebuah perairan dangkal. Proses menetasnya terbilang cukup cepat dan mudah terutama pada musim-musim tertentu.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha

Tinggalkan Balasan