Ciri Ciri Ikan Oscar

Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang akan selalu menjadi perbincangan hangat diantara para penggemar ikan hias. Pasalnya ikan ini merupakan ikan yang paling digemari oleh kolektor ikan hias di Indonesia. Ikan air tawar ini dikenal sebagai jenis ikan yang cerdas. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai jenis ikan hias yang satu ini, simaklah ciri ciri ikan oscar berikut ini.

Mengenal Ciri Ciri Ikan Oscar Secara Lebih Detail

1. Memiliki Tubuh Pipih

Ikan oscar adalah salah satu jenis ikan hias yang penampilannya sangat cantik. Apalagi jika ikan air tawar yang satu ini sudah tumbuh dewasa. Secara umum, ikan oscar memiliki bentuk tubuh yang pipih. Ikan oscar betina memiliki bentuk tubuh yang pipih dan cenderung lebih pendek, sedangkan ikan oscar jantan memiliki tubuh yang lebih panjang dan pipih.

Artikel terkait: ciri ciri ikan komet

2. Bentuk Kepala dan Mulut yang Besar

Ciri ciri ikan oscar yang berikutnya adalah bentuk mulutnya yang sedikit meruncing, melebar, dan bergerigi dengan kepala yang cukup besar. Tipe mulut ikan hias predator yang satu ini adalah tipe mulut terminal, yakni terletak pada bagian anterior di antara vental dan juga dorsal.

3. Sirip yang Lebar

Ciri khas lain ikan oscar adalah bentuk sirip punggungnya yang lebar. Ujung sirip punggung ikan yang termasuk dalam kategori predator ini berserberangan dengan sirip di bagian dadanya atau juga disebut dengan pectoral fin.

Bagian belakang sirip yang terletak di bagian punggung maupun anus memiliki bentuk yang runcing dengan ujung sedikit tumpul. Ikan oscar betina biasanya mempunya sirip yang berbentuk bundar dan pendek. Sementara ikan oscar jantan memiliki sirip yang jauh lebih luas dan lebar dibanding sirip ikan betina.

Artikel terkait: ciri ciri udang lobster

4. Memiliki Mata yang Menyorot Tajam

Ciri ciri ikan oscar yang selanjutnya adalah matanya yang menyorot tajam dan memberikan kesan yang jantan. Kesan ini semakin menonjol berkat postur tubuh ikan oscar yang terlihat sangat kokoh. Jadi tidak heran apabila ikan hias ini digolongkan sebagai salah satu ikan predator.

5. Memiliki Corak Warna yang Beragam

Ciri ciri ikan oscar yang satu ini merupakan karakteristik yang paling menonjol. Seperti jenis ikan lainnya, ikan oscar juga memiliki warna dasar yang bervariasi. Meski begitu, mayoritas ikan predator ini memiliki warna dasar hijau zaitun dan cokelat tua.

Jika dilihat sekilas, ikan oscar memiliki sisik yang berwarna hitam. Akan tetapi, jika diperhatikan dengan seksama, ikan ini justru tidak sepenuhnya memiliki warna hitam. Justru warna hitam tersebut adalah hasil dari pancaran warna cokelat tua dan bagian tubuh yang agak gelap.

Di bagian badannya, sekitar bagian perut hingga punggung, diwarnai dengan bintik-bintik kemerahan atau kuning keemasan. Dari warna dasar dan pola yang kontras inilah yang menentukan harga ikan oscar di pasaran.

Artikel terkait: ciri ciri udang vaname

6. Memiliki Sifat yang Cenderung Agresif

Seperti yang sudah disinggung di atas, ikan oscar merupakan ikan hias yang masuk kedalam kategori ikan predator. Sama seperti ikan predator lainnya, ikan oscar juga memiliki sifat yang relatif agresif, terutama terhadap ikan-ikan yang memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih kecil.

Oleh sebab itu, sangat tidak tepat jika ikan oscar dimasukkan ke dalam akuarium yang menampung ikan kecil. Selain memiliki sifat yang agresif, oscar juga termasuk ikan yang hidup secara berkelompok. Meski awalnya terlihat tenang saat berada di dalam akuarium, ciri ciri ikan oscar yang satu ini langsung muncul begitu ada ikan kecil di dalam akuarium atau ada ikan lain yang mengganggu wilayahnya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha

Tinggalkan Balasan