Ciri Ciri Ikan Louhan

Ikan louhan adalah salah satu jenis ikan tawar yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bentuk keningnya yang cenderung menonjol ke depan merupakan ciri khas dari ikan yang kerap menjadi pengisi utama akuarium. Namun bukan hanya ini saja yang menjadi keunikan ikan air tawar ini.

Untuk lebih mengetahui karakterisik ikan hias yang satu ini, simaklah ulasan mengenai ciri ciri ikan louhan berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Ciri Ciri Ikan Louhan

1. Memiliki Postur Tubuh yang Lebar

Karakteristik pertama yang perlu diperhatikan untuk membedakan ikan louhan dengan jenis ikan lainnya adalah postur tubuhnya yang cenderung lebar dan besar. Biasanya ukuran ikan louhan dewasa mampu mencapai 30 cm hingga 40 cm.

Tingkat pertumbuhan ikan louhan memang sangat mengesankan, dimana setiap bulannya bisa tumbuh hingga 2 cm. Oleh sebab itulah, ikan air tawar ini memiliki tubuh yang besar.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Oscar

2. Dahi yang Menonjol ke Depan

Ciri ciri ikan louhan yang satu ini adalah ciri yang paling utama dan paling kontras dari jenis ikan lainnya. Ikan yang dipercaya bisa memberikan keberuntungan ini memang memiliki tonjolan yang cukup besar di bagian dahinya.

Kabarnya, tonjolan pada dahi ikan louhan juga bisa mempengaruhi kualitas ikan itu sendiri. Tonjolan ini sendiri dibagi menjadi dua, yakni tonjolan besar atau disebut dengan water head dan tonjolan yang relatif kecil atau kerap disebut bone head.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Komet

3. Memiliki Bentuk Sirip yang Lebar

Ciri fisik ikan louhan selanjutnya adalah memiliki sirip bagian bawah yang lebar dan cenderung merapat ke bagian ekor. Semakin besar sirip ikan tersebut, semakin rapat pula bagian ujungnya. Biasanya tipe sirip seperti ini juga disebut dengan tipe sirip menutup atau wrap tail.

Akan tetapi ada juga ikan louhan yang memiliki sirip yang bentuknya nyaris menyerupai bentuk kipas. Biasanya, louhan yang sirip bagian belakangnya mekar dan sirip bagian atasnya tegak merupakan ikan yang masih sehat. ciri ciri ikan louhan yang satu ini juga bisa digunakan untuk membedakan mana ikan yang sehat dan mana yang sudah pernah terserang penyakit.

4. Warna dan Motif yang Beragam

Ikan louhan memiliki motif mutiara yang tersebar di seluruh bagian tubuhnya. Motif mutiara ini sendiri sangat beragam, ada yang besar dan ada juga yang kecil. Bahkan motif unik ini bisa mempengaruhi kualitas ikan itu sendiri. Semakin banyak motif yang dimiliki, semakin berkualitas pula ikan tersebut.

Selain motif, ikan louhan juga terkenal dengan garis markingnya. Garis marking ini biasanya berwarna hitam pekat dan terletak di bagian kepala hingga sirip ekor louhan. Selain itu, corak warna juga menjadi salah satu ciri ciri ikan louhan yang bisa dibilang cukup khas.

Warna louhan yang paling sering dijumpai di pasaran adalah warna merah. Namun yang paling istimewa adalah louhan yang memiliki warna merah di bagian perut, sirip atas, dan insang. Ada juga louhan yang memiliki gradasi warna merah pekat pada bagian bawah tubuh dan berangsur pudar atau cenderung berwarna cerah di bagian atas tubuhnya.

Artikel terkait: ciri ciri udang vaname

5. Memiliki Sifat yang Agresif

Ciri ciri ikan louhan yang berikutnya adalah mempunyai sifat yang agresif. Banyak yang mengira bahwa ikan hias yang satu ini bukanlah tipe ikan yang bisa membayakan jenis ikan lainnya. Padahal sifatnya yang tenang justru membuktikan bahwa ikan ini sedang melindungi lingkungannya dari makhluk lain. Meski terbilang agresif, ikan louhan masih bisa hidup dengan jenis ikan yang sama ataupun jenis ikan yang berbeda.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha