Ciri Ciri Ikan Lele

Ikan lele termasuk jenis ikan yang mudah dikenali karena sering menjadi bahan makanan atau dikonsumsi. Selain itu, ciri ciri ikan lele termasuk tidak sulit saat melakukan identifikasi. Beberapa ikan lain memang memiliki ciri yang sama misalnya patin tetapi mudah dibedakan dengan lele secara langsung. Untuk mengetahui apa saja ciri ikan lele, simak pembahasan berikut ini.

Daftar dan Penjelasan ciri ciri Ikan Lele

1. Bentuk tubuh

Berbeda dengan ikan air tawar lain, bentuk tubuh lele cenderung bulat memanjang dan agak gempal di bagian kepala hingga setengah tubuhnya. Bentuk tubuh seperti ini sesuai dengan habitatnya yaitu hidup di air tawar yang berlumpur atau kadar oksigen kecil.

Secara umum, lele dapat memiliki ukuran dari beberapa gram hingga puluhan kilogram. Ukuran terkecil saat masih menjadi bibit sekitar 3 hingga 5 cm. Selanjutnya, lele mampu tumbuh cepat selama makanan terpenuhi. Panjang lele yang dianggap normal sekitar 15 hingga 30 cm. Lebih dari itu sudah dikategorikan indukan. Di alam liar, lele bahkan dapat tumbuh hingga lebih dari 1 meter.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Koki

2. Warna

Warna ikan lele adalah gelap relatif hitam di bagian atas. Warna ini akan memudar ketika lele dipindahkan ke air yang lebih jernih. Warna bagian perut lebih cerah yaitu abu terang. Secara umum, intensitas warna dipengaruhi oleh dimana lele tersebut hidup. Semakin keruh airnya maka lele akan menjadi bertambah gelap.

3. Kepala

Ciri ciri ikan lele yang sangat mencolok adalah bagian kepala. Artinya, Anda bisa membedakan ikan lele dan spesies lain yang mirip hanya dari bagian kepala. Selain itu, ikan tersebut memang memiliki bentuk dan komposisi kepala yang khas.

Kepala lele memiliki bentuk seperti segitiga terpotong. Bagian yang menyatu ke tubuh lebih besar dari mulut. Selain itu, bagian kepala tersebut memiliki tulang yang keras. Tambahan lain adalah bukaan insang di bagian sisi kanan dan kiri menyatu ke rangka bagian kepala.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Arapaima

4. Mulut

Bentuk mulut lele menyesuaikan dengan posisi kepala. Bentuknya melebar dan besar secara horizontal. Mulut ini mampu membuka secara penuh lalu mengatup ketika berhasil menangkap mangsa.

Di bagian mulut, Anda melihat sungut berjumlah empat yang cukup panjang. Inilah bagian khas dari ciri ciri ikan lele. Fungsinya untuk sensor dan alat peraba. Lele menggunakannya agar dapat berenang dengan mudah di air lumpur.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Arwana

5. Sirip dan ekor

Lele memiliki sepasang sirip dada di bagian kanan dan kiri menyatu ke tubuh tetapi agak kebawah. Sirip lainnya di bagian atas atau punggung lalu agak ke belakang bahkan hingga menyatu dengan ekor. ciri ciri ikan lele untuk bagian ekor adalah tegak vertikal dengan ukuran yang menyesuaikan dengan panjang tubuh.

6. Permukaan tubuh

Lele merupakan ikan yang tidak memiliki sisik. Saat dipegang, Anda akan merasa permukaan tubuh lele tersebut sangat licin. Hal ini terjadi karena ikan tersebut sering mengeluarkan lendir secara konstan. Fungsinya adalah menjaga suhu tubuh dan bergerak lincah dengan cepat. Karena tidak ada sisik, Anda akan kesulitan menangkap atau memegang ikan ini secara langsung.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Belida

7. Patil atau duri

Ciri ciri ikan lele selanjutnya adalah patil atau duri. Letaknya di sirip depan kanan dan kiri. Ini merupakan alat pertahanan bagi ikan tersebut. Saat berbahaya, ikan ini melakukan manuver seperti menggerakkan tubuh ke kanan atau kiri. Tujuannya adalah memakai patil agar menjangkau objek atau halangan di depan. Duri di tipe tertentu memiliki racun tetapi tidak berbahaya karena hanya seperti sengatan kejut.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha