Ciri Ciri Ikan Komet

Ikan komet atau dalam bahasa Latin adalah Carssius Auratus merupakan jenis ikan air tawar yang banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Ikan ini juga termasuk salah satu jenis ikan mas koki yang cukup terkenal. Tertarik untuk memeliharanya? Berikut adalah ciri ciri ikan komet yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya.

Sekilas Mengenai Ciri Ciri Ikan Komet

1. Bentuk Tubuh Ikan Komet

Secara umum, ikan komet memiliki bentuk tubuh yang tak sulit dibedakan dari jenis ikan hias lainnya. Bahkan orang-orang yang tidak bisa dibilang sebagai pecinta ikan hias pun bisa jadi pernah melihat tipe ikan yang satu ini. Walaupun mungkin tak tahu namanya.

Meski tak sulit dibedakan, ikan komet memiliki tubuh yang cenderung agak memipih dan memanjang. Hal inilah yang membuat ikan hias yang satu ini cukup unik dan banyak diburu oleh para kolektor ikan hias. Akan tetapi, ada juga ikan komet yang memiliki tubuh yang cenderung lebih panjang dan ramping dibanding ikan komet pada umumnya.

Artikel terkait: ciri ciri ikan koi

2. Bentuk Ekor Ikan Komet

Selain dari bentuk tubuhnya, Anda juga bisa membedakan ciri ciri ikan komet dari ekornya. Ikan hias yang satu ini memiliki ekor yang lebar dan terbelah menjadi dua menyerupai komet yang jatuh ke bumi. Oleh sebab itulah ikan yang masih termasuk dalam keluarga ikan mas koki ini disebut dengan nama ikan komet. Bahkan beberapa ikan komet memiliki ekor transparan yang terlihat menawan saat bergerak.

Artikel terkait: ciri ciri udang rebon

3. Bentuk Mulut Ikan Komet

Ciri ciri ikan komet selanjutnya bisa dilihat di bagian mulutnya. Jika diamati dengan seksama, ikan komet memiliki mulut yang terletak di bagian tengah dan cenderung menjorok ke depan. Di ujung dalam mulutnya terdapat gigi kerongkongan atau pharyngeal teeth yang terdiri dari tiga baris geraham.

4. Sisik dan Sirip Ikan Komet

Ciri ciri ikan komet yang berikutnya adalah bentuk sisik dan siripnya. Nyaris seluruh bagian tubuh ikan komet dipenuhi dengan sisik. Namun, yang membedakannya adalah ikan komet memiliki tipe sisik sikloid, yakni sisik yang berbentuk bulat, cenderung tipis dan transparan, bergerigi, serta memiliki lingkaran pada bagian belakangnya.

Ikan komet juga termasuk ikan yang memiliki sisik yang sangat halus dan rata, kecuali ada beberapa bagian sisik yang mengalami infeksi akibat parasit. Ikan komet juga memiliki sirip punggung yang terletak berseberangan dengan sirip di bagian perutnya.

Artikel terkait: ciri ciri udang lobster

5. Warna dan Pola Ikan Komet

Sebagian besar ikan komet memiliki sisik dengan warna kuning yang dipadukan dengan jingga dan putih atau putih dan jingga kemerahan. Selain kedua warna tersebut, ikan komet juga hadir dalam kombinasi warna merah dan putih. Ikan yang satu ini justru paling banyak ditemui di pasaran selain ikan komet yang bercorak jingga dan putih.

Bahkan ada beberapa ikan yang memiliki sisik yang terdiri dari dua atau tiga warna, seperti perpaduan warna hitam, oranye, dan putih hingga menyerupai warna harimau. Ada pula ikan komet yang hanya memiliki satu warna saja, yakni kuning atau hitam.

Artikel terkait: ciri ciri udang vaname

Ada pula ikan komet yang bagian tubuh, kepala, dan perutnya memiliki warna yang tidak seragam. Biasanya ikan komet ini memiliki corak oranye kemerahan atau merah di bagian sisik kepalanya dan bercak kemerahan di bagian perut.

Selain itu, ada juga ikan komet yang memiliki sisik dengan dua perpaduan warna netral, yakni hitam dan putih. Namun jika Anda memperhatikan secara detail ciri ciri ikan komet yang satu ini, Anda akan melihat adanya warna oranye di sekitar matanya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha

Tinggalkan Balasan