Ciri Ciri Ikan Koki

Memelihara ikan hias, adalah salah satu hobi yang banyak digemari oleh orang Indonesia bahkan di seluruh dunia. Ikan koki adalah salah satu varian ikan hias yang cukup populer dikalangan pecinta ikan, hingga banyak yang menjulukinya primadonanya ikan hias. Karena selain bentuknya yang cantik, umumnya harga ikan hias ini juga cukup ramah dikantong.

Berikut Adalah Ciri Ciri Ikan Koki

Namun, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu ciri ciri ikan koki sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

1. Tubuh

Ikan hias satu ini adalah jenis ikan yang punya sirip lengkap, membuatnya mudah dikenali. Di seluruh tubuhnya terdapat sirip di bagian ekor, sirip di bagian punggung, sirip di bagian dada, di bagian dubur, dan terakhir di bagian perut. Sisiknya tersusun rapi dengan bentuk tubuh yang pendek dan cenderung gendut.

2. Warna

Pada dasarnya, ikan koki punya beberapa varian sub jenis yang bervariasi warnanya. Namun yang paling umum warnanya dasarnya adalah merah, putih, kuning, hitam dan lain-lain. Tapi tidak menutup kemungkinan ikan koki mempunyai warna lain pada jenis-jenis tertentu, misalnya totol-totol.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Arapaima

3. Kepala

Ciri ciri ikan koki bisa dilihat dari bagian kepala. Sebenarnya bentuk kepala dari kebanyakan ikan koki tidak berbeda jauh dengan ikan hias lain. Cuma pada beberapa varian ada beberapa perbedaan yang membuat ikan ini berbeda, yaitu ujung kepala hingga pipinya ditutupi jaringan daging yang cukup tebal.

4. Mata

Ciri ciri ikan koki bila dilihat dari matanya. Bagian iris mata ikan ini tidak bisa tertutup ataupun terbuka, dikarenakan lensa matanya tidak mampu berkontraksi secara luas. Hal ini menyebabkan penglihatanya sangat terbatas. Maka ikan ini sangat mengandalkan penciumanya untuk mencari makan, dibandingkan penglihatan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Arwana

5. Telur

Telur dari ikan hias yang satu ini berukuran sangat kecil, umumnya sekitar 1 mm dan paling besar adalah 1,5 mm yang menempel pada rumput atau benda air lainya. Telurnya akan menetas sekitar 48 sampai 72 jam.

6. Makanan

Perlu sedikit kehati-hatian dalam memberi makan ikan ini. Karena mereka adalah pemangsa oportunistik yang tidak dapat secara sadar berhenti makan. Maka memberi makan terlalu banyak bisa berbahaya, karena mereka akan terus makan. Ikan ini juga tidak memilih-milih makanan, mereka bisa memakan makanan alami seperti plankton atau makanan buatan seperti palet.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Belida

7. Kelamin

Pada ikan jantan, bentuk kelamin dari ikan ini adalah cenderung runcing. Sedangkan pada ikan betina bentuk cenderung bulat. Selain itu bisa juga dengan melihat perbedaan pada bagian siripnya. Untuk ikan berkelamin jantan, ikan ini punya bintik-bintik putih pada bagian sirip depannya. Sedangkan pada ikan yang berjenis kelamin betina, maka bintik-bintik putih ini tidak akan terlihat.

8. Habitat

Habitat ikan koki adalah di air tawar bersih dengan arus air yang cenderung lambat atau tenang. Dengan suhu ideal antara 20 hingga 25 derajat celcius. Ikan ini bisa dipelihara pada aquarium, kolam semen, atau media lainya. Namun yang terpenting adalah kondisi air sesuai dengan habitatnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Gurami

9. Pertumbuhan

Ciri ciri ikan koki yang lainya adalah ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 58,42 cm, sedangkan beratnya mencapai 4,5 kg. Menurut peneliti, ikan ini dapat hidup hingga mencapai usia 20 tahun. Tetapi pada ikan koki yang menjadi peliharaan hanya mampu hidup sekitar 6 sampai dengan 8 tahun lamanya. Ikan ini dapat dijadikan induk jika telah mencapai usia tujuh bulan.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha

Tinggalkan Balasan