Ciri Ciri Ikan Koi

Bisnis ikan hias saat ini masih menjadi peluang yang menjanjikan. Didukung oleh sumber dayanya yang melimpah dan permintaan pasar yang besar membuatnya banyak digandrungi. Diantara jenis ikan hias yang paling populer salah satunya Ikan Koi. Untuk itu wajib mengetahui ciri ciri ikan koi yang memiliki kualitas bagus dan unggul.

Berikut Trik dan Tips Mengenali Ciri Ciri Ikan Koi yang Bagus dan Unggul

1. Kepala

Ciri ciri ikan koi yang pertama ialah mengenali bentuk kepalanya yang sempurna. Terdapat beberapa wajah ikan kou yang sedap dipandang. Namun terdapat pula beberapa ikan koi yang memiliki penampilan wajah yang kurang. Setiap ikan koi memiliki penampilan yang berbeda terdapat ikan koi yang hidungnya agak menonjol ke depan, ada pula yang tidak.

Untuk dari segi kualitas maka kedua ikan yang memiliki penampilan hidung agak menonjol dan tidak bukan masuk kategori ikan koi yang bagus. Untuk kategori ikan koi yang bagus maka penampilannya yaitu mempunyai bentuk hidung yang sewajarnya saja. Sewajarnya berarti juga tidak tenggelam dengan timbunan daging di pipinya.

Untuk bentuk rahang pada ikan koi dapat mendeteksi penyakit yang dialami. Apabila bentuk dari rahang ikan Koi itu tidak wajar, maka sewaktu kecil ikan Koi terserang penyakit gill root atau yang dikenal sebagai penyakit akar insang. Cacat yang terjadi pada rahangnya ini akan mempengaruhi bentuk dari kepala ikan koi ini.

Artikel terkait: Ciri Ciri udang Vaname

2. Sisik

Ciri ciri ikan koi berikutnya dapat dilihat dari sisiknya. Ikan koi yang berkualitas akan memiliki sisik corak yang menarik. Warna yang dihasilkan dari sisik ikan Koi ini dapat beragam. Warna-warna yang dihasilkan seperti putih, hitam, merah, dan kuning. Terkadang dapat ditemui pula beberapa dari jenis ikan ini mempunyai motif berupa totol-totol.

Motif totol-totol pada tubuh ikan Koi membuat penampilannya menjadi lebih cantik. Sebab motif totol-totol menghasilkan warna yang cantik pada sisik ikan Koi. Terdapat pula kategori lainnya ikan Koi dinyatakan bagus jika ia memiliki sifat aslinya. Sifat aslinya berupa dapat merubah warna sisiknya menyesuaikan kondisi tempat tinggalnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Udang Rebon

3. Sirip

Ciri ciri ikan Koi yang bagus juga terlihat pada sirip ikannya. Sirip ikan Koi dinyatakan sempurna apabila ia tampak cantik dan mempunyai ukuran sirip yang sesuai dengan tubuhnya. Hal inilah yang membuat ikan Koi terlihat sempurna di mata para pecintanya. Semakin cantik sirip yang dimiliki oleh ikan Koi akan mempengaruhi dari kualitas harganya.

Unsur yang paling penting diperhatikan dalam siripnya yaitu yang terletak pada dadanya. Sirip yang terletak pada dadanya tidak boleh cacat. Sebab apabila mengalami kecacatan menandakan ikan Koi tersebut mempunyai cacat atau penyakit bawaan dari lahir. Untuk ikan Koi yang tidak bagus mempunyai ciri ciri sirip yang kerdil pada tubuhnya.

Sirip pada punggung dan ekornya sering ditemui dalam bentuk cacat. Begitu pula sirip yang terletak pada perut dan ekornya. Usahakan untuk lebih jeli dalam melihat sirip pada ikan Koi sebelum membelinya. Carilah sirip ikan Koi yang sempurna karena menandakan bahwa ikan Koi ini sehat.

Artikel terkait: Ciri Ciri Udang Lobster

4. Punggung

Punggung juga termasuk dalam ciri ciri ikan Koi yang bagus. Ikan Koi yang bagus akan memiliki garis punggung yang lurus dan bentuk punggung melengkung normal. Jika diperhatikan dari sisi atas garis punggung dari ikan ini harus terlihat lurus dan saat bergerak meliuk punggungnya melengkung dengan wajar.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha