Ciri Ciri Ikan Gurami

Ikan gurami atau yang biasa dikenal dengan sebutan gurame atau grameh merupakan penguasa hidangan ikan air tawar. Ikan jenis ini sangat populer dan disukai oleh banyak pecinta kuliner ikan.

Tidak heran jika harga perkilonya dibandrol dengan nilai yang selangit. Agar anda tidak tertipu saat hendak membelinya, maka anda wajib tahu Ciri ciri ikan gurami.

Ciri Ciri Ikan Gurami Secara Fisik

1. Bentuk dan Ukuran Tubuh

Ciri ciri ikan gurami yang pertama adalah bentuk tubuhnya yang oval, lebar, dan pipih dengan bagian punggung yang tinggi. Bagian depan atau kepalanya monyong. Perbandingan ukuran lebar dan panjangnya adalah 2:2,1. Raja air tawar ini, bisa mencapai ukuran panjang maksimal hingga 1.000 mm atau 1 m. Namun, rata-rata ukuran grameh besar adalah sekitar 65 cm.

2. Mulut dan Gigi

Ciri ciri ikan gurami yang kedua yakni mempunyai mulut kecil yang moncong dan meruncing kedepan. Mulutnya bisa lebih dimoncongkan lagi seperti seseorang yang hendak mencium. Antara rahang atas dan bawahnya tidak rata. Rahangnya dilengkapi dengan banyak gigi yang berukuran kecil-kecil dan berbentuk kerucut. Selain itu, juga terdapat rentetan gigi luar yang berukuran besar-besar, yang mana lebih besar jika dibandingkan dengan gigi dalam.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Louhan

3. Sisik

Vertebrata jenis ini memiliki lapisan luar atau sisik yang relatif besar di seluruh badan. Sisik tersebut tersusun rapi seperti genting, dimana bagian yang satu tertutup oleh bagian lainnya. Sisik di bagian tepi kepala memiliki tekstur yang kasar.

4. Sirip

Ikan idaman banyak orang ini memiliki lima buah sirip yaitu sirip perut, sirip punggung atau dorsal, sirip dubur, sirip ekor, dan sirip dada. Pada bagian pertama sirip perut terdiri atas duri-duri pendek. Lalu bagian keduanya terdiri atas cambuk-cambuk lentur dan panjang. Sedangkan dorsal dan sirip duburnya berbentuk jari-jari yang cukup keras dengan bagian akhir bergerigi. Kemudian, sirip ekornya berupa cagak-cagak berukuran besar yang bersusun teratur.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Oscar

5. Warna

Ciri ciri ikan gurami yang selanjutnya dapat dilihat dari segi warna. Pada umumnya warnanya abu-abu atau biru kehitaman. Bagian kepala dan perut biasanya mempunyai warna putih. Bagian punggung berwarna kecoklatan. Tepian sirip ekornya dihias dengan warna kuning atau perak. Tetapi, ada juga yang berwarna kecoklatan dengan bintik hitam di bagian dadanya. Hewan berdarah dingin ini memiliki garis tegak berjumlah tujuh sampai delapan buah di sekujur badannya yang akan semakin pudar seiring pertumbuhan.

6. Sungut

Ikan bernama latin Osphronemus gouramy ini, memiliki sungut atau benang di bagian sekitar bibirnya. Biasanya ada dua pasang benang yang cukup panjang di bibir bagian atasnya. Namun, kadang-kadang ada juga yang punya sepasang sungut pendek di bibir bagian bawah yang mana tidak berfungsi.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Komet

7. Mata

Hewan Omnivora ini memiliki mata yang besar. Selain itu bola matanya menonjol. Warna dasar matanya adalah hitam dengan pinggiran berwarna putih.

8. Gurat sisik

Layaknya ikan-ikan yang lain, keluarga Anabantidae ini memiliki gurat sisik atau garis rusuk. Yang membedakannya, garis itu berada di pertengahan badan. Posisinya melintang. Guratnya berada di sepanjang tutup insang hingga ujung belakang pangkal ekor.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Koi

9. Insang

Ciri ciri ikan gurami yang terakhir dapat diperhatikan melalui insangnya. Insang tersebut berbentuk seperti labirin yang keberadaannya menumpuk di bagian atas insang utama. Saat gurame diangkat dari air, insang labirin itu akan terlihat jelas dan menganga-nganga. Insang tersebut membantu gurame untuk mengambil oksigen.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha