Ciri Ciri Ikan Cakalang

Binatang laut yang satu ini masih termasuk kedalam satu keluarga Skombride yang berjenis seperti tuna, bonito, dan makarel. Ikan Cakalang memiliki bentuk dan ukuran yang agak menyerupai dengan keluarga Skombride lainnya. Ciri ciri ikan Cakalang yang dapat Anda ketahui pada umumnya ialah bentuk tubuhnya yang bulat dan agak memanjang. Mungkin juga Anda dapat mengenali ikan ini dengan nama lain Tongkol yang akan lebih umum didengar oleh telinga masyarakat luas.

Rincian Dari Ciri Ciri Ikan Cakalang

1. Warna

Hewan laut kali ini memiliki warna dasar abu-abu muda yang dilengkapi dengan beberapa garis hitam yang membentang pada bagian tubuhnya. Sedangkan pada bagian punggungnya terdapat warna biru yang cenderung gelap. ciri ciri ikan Cakalang di atas dapat dengan mudah Anda kenali ketika menemukannya di pasar ikan. Meskipun beberapa orang awam sulit untuk membedakan ikan ini dengan ikan Tuna. Hal tersebut dikarenakan sejatinya masih masuk kedalam satu famili ikan laut yang hidup bergerombol pada wilayah lautan lepas.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan belut listrik

2. Karakter Fisik

Tubuh dari ikan laut yang satu ini berbentuk berat dan agak memanjang serta siripnya pada bagian bawah dan atasnya. Pada bagian tubuhnya terdapat gerigi yang berada di sekitar daerah buntutnya. Pada umumnya ikan ini seringkali ditemukan dengan ukuran panjang pada 50 cm dengan berat rata-rata diantara 5 sampai 9 kg. Ikan ini juga pernah ditemukan pada ukuran yang terbilang besar dengan beratnya 18 kg yang membuat ciri ciri ikan Cakalang kali ini dapat Anda kenali melalui ukuran tubuhnya. Uniknya lagi ikan ini ternyata tidak memiliki sisik pada tubuhnya terkecuali pada bagian perut.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan lele

3. Habitatnya

Ikan laut ini dapat Anda jumpai di wilayah laut yang beriklim tropis dan subtropis seperti pada Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Binatang laut ini lebih senang menghabiskan waktunya pada wilayah laut yang jauh dari pesisir pantai serta di kedalaman sekitar 400 meter. Merekapun dapat tumbuh dengan baik pada suhu di sekitar 17-30 derajat celcius.

Penyebarannya pada wilayah Indonesia terdapat hampir di seluruh wilayah perairan laut seperti wilayah timur laut Indonesia seperti Sulawesi, Flores, dan Arafuru. Di Samudra Hindia mereka banyak ditemui pada wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan NTT. Penyebaran habitat hidupnya juga mencakup wilayah perairan dari Irian Jaya.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan koki

4. Makanan

Ciri ciri ikan Cakalang yang selanjutnya terdapat pada makanan yang mereka konsumsi. Ikan laut ini termasuk kedalam bagian dari hewan karnivora yang banyak memangsa biota laut yang berukuran lebih kecil darinya seperti Cumi-cumi, Teri, Cacing laut, dan juga Udang. Mangsanya tersebut tersedia banyak pada wilayah laut yang berada jauh dari tepi pantai sehingga sesuai dengan wilayah habitat mereka yang hidup secara berkelompok pada saat mencari mangsa.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan arapaima

5. Berkembang Biak

Dalam urusan berkembang biak ikan ini dapat mengeluarkan hingga 2.000,000 buih telur pada lautan lepas. Dalam proses berkembangnya ikan Cakalang dapat tumbuh hingga berukuran 1,5 meter. Ciri ciri ikan Cakalang jantan dan betina pada tingkat dewasa dapat anda bedakan dari ukuran panjangnya. Pada Cakalang jantan dewasa mereka pada umumnya dapat Anda temukan pada ukuran 41 cm. Untuk yang berjenis betina mereka seringkali berkembang hingga mencapai ukuran 39 cm. Mereka ini akan memulai masa pemijahan telurnya di wilayah perairan yang beriklim agak panas pada saat musim semi hingga musim gugur.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha