Ciri Ciri Ikan Belut Listrik

Belut listrik merupakan salah satu spesies yang hidup di perairan Amerika Selatan. Ikan ini mampu memproduksi sengatan listrik yang sangat besar yaitu bisa mencapai 500 volt lebih. Efek dari kejut listrik tersebut memang sangat berbahaya bagi mamalia besar sekalipun dan juga manusia. Nah, di bawah ini adalah beberapa ciri ciri ikan belut listrik yang perlu diketahui:

Sekilas Tentang Ciri Ciri Ikan Belut Listrik

1. Habitat Ikan Belut

Habitat yang dimiliki oleh ikan ini dapat ditemukan di sekitar sungai yang sangat luas, contohnya saja seperti Sungai Orinoko dan juga Sungai Amazon. Sungai Amazon memang sangat terkenal dengan banyaknya hewan cukup berbahaya dan buas yang tinggal di sana. Sungai Amazon ini berada di Amerika Selatan dan menjadi salah satu sungai terpanjang ke-2 setelah Sungai Nil.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan lele

2. Tergolong Karnivora

Meskipun menjadi ikan yang cukup tenang di dalam perairan tapi nyatanya belut listrik ini adalah predator yang sangat mematikan. Karena mereka bisa memangsa hewan-hewan mamalia yang berukuran kecil. Bahkan mereka juga bisa memangsa burung yang yang jatuh ke dalam perairan sungai.

3. Bentuk Badannya

Apabila dilihat dengan kasat mata, memang benar jika dilihat hampir mirip dengan belut biasa namun memiliki ukuran yang lebih besar. Ciri ciri ikan belut listrik ini juga ada pada warna kulitnya, yang memiliki warna kehitaman kemudian pada bagian perut sedikit putih.

Kemudian terdapat sirip yang ada di bagian kanan dan kiri kepala. Apabila dilihat memang sangat mirip dengan telinga.

Ikan yang satu ini memiliki bentuk kepala yang pipih, serta panjangnya bisa mencapai 2,5 meter. Untuk berat badannya mampu mencapai 20 kg, karena memang ukuran yang cukup panjang hingga banyak yang mengira jika belut listrik adalah ular.

Yang paling unik pada ikan yang satu ini pada bagian kepala sampai ke ujung ekor terdapat bolong kecil-kecil. Dan untuk ciri yang seperti ini akan dimiliki oleh seluruh belut listrik dari yang baru menetas bahkan yang sudah dewasa.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan koki

4. Mempunyai Mata yang Besar

Ciri ciri ikan belut listrik yang berikutnya terletak pada matanya. Dari kejauhan saja mata dari ikan yang satu ini mampu menarik perhatian. Bentuk dari matanya bulat dan cukup lebar.

Bukan hanya itu saja, mata dari ikan ini sangat jernih untuk bagian putihnya. Kemudian terdapat bintik hitam yang berada di bagian tengah mata.

Meskipun memiliki bentuk mata yang bulat dan lumayan besar, rupanya ikan ini memiliki penglihatan yang cukup buruk. Sehingga mereka akan mengeluarkan listrik dengan level rendah sekitar 10 volt, karena dengan bantuan listrik ini akan membantu mereka mendeteksi mangsa serta merasakan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan arapaima

5. Hewan yang Menyendiri

Meskipun menjadi salah satu hewan yang cukup berbahaya di Sungai Amazon, tapi nyatanya mereka merupakan makhluk air tawar yang sangat suka menyendiri. Hal ini adalah ciri ciri ikan belut listrik yang bisa dengan mudah dilihat saat pertama kali.

Ikan jenis ini merupakan makhluk hidup yang sangat tenang dan mereka tidak suka kebisingan. Bahkan mereka tidak akan mengeluarkan listrik jika tidak diganggu.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan arwana

6. Dapat Berumur Panjang

Perlu Anda ketahui jika ciri ciri ikan belut listrik juga mampu hidup dengan umur yang panjang. Biasanya ikan ini mampu mencapai umur 15 tahun di alam liar, sedangkan untuk lingkungan yang sudah terkendali biasanya bisa mencapai umur 22 tahun.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha