Ciri Ciri Ikan Belida

Ikan Belida atau juga biasa disebut dengan Lopis adalah spesies air tawar yang menjadikan sungai sebagai habitatnya. Nama Belida yang tersemat pada ikan ini terinspirasi dari sebuah nama sungai yang berlokasi di Palembang.

Populasi dari ikan yang mempunyai bentuk yang pipih tersebut diketahui hanya tersisa sedikit habitatnya karena dijadikan sebagai komoditas utama untuk bahan baku produk makanan. Untuk memahami lebih dalam bagaimana ciri ciri ikan Belida, mari simak penjelasan berikut ini.

Penjelasan Singkat Ciri Ciri Ikan Belida

1. Mirip Seperti Pisau

Ikan air tawar yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang bisa dibilang unik, karena tubuhnya berbentuk panjang pipih dan melengkung di bagian punggungnya.

Siripnya juga membentang menjadi satu pada bagian bawahnya yang bergelombang sehingga membuatnya bisa bergerak maju dan mundur menjadikan ciri ciri ikan Belida ini mudah dikenali.

2. Memiliki Umur Panjang

Belida yang berkembang biak di alam lepas umumnya bisa bertahan hidup sampai umur 15 tahun. Namun apabila Anda merawat ikan Belida di akuarium umur dari ikan ini akan sedikit berkurang di sekitar 8 tahun. Hal ini dipengaruhi karena dirinya sulit untuk beradaptasi di lingkungan yang baru sehingga mempercepat umur yang dimilikinya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Gurami

3. Ukuran

Ciri ciri ikan Belida yang selanjutnya terdapat pada ukurannya. Di habitat aslinya ikan ini biasa ditemukan pada ukuran 100cm yang dapat dikategorikan sebagai ikan besar yang hidup dan berkembang di air tawar.

Namun ikan yang dirawat dalam akuarium akan mengalami perbedaan ukuran dimana mereka akan berukuran diantara 25-50cm.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Louhan

4. Hewan Nokturnal

Belida juga dikategorikan sebagai ikan air tawar yang aktif pada malam hari dan memilih untuk beristirahat di siang harinya. Belida cenderung untuk mencari makan di malam hari sehingga Anda akan kesulitan untuk melihat ikan ini disaat terang.

5. Penglihatan Buruk

Ikan yang masih termasuk kedalam spesies knifefish ini memiliki penglihatan yang dapat dibilang kurang bagus. ciri ciri ikan Belida yang satu ini membuatnya kesulitan dalam mencari makanan yang sesuai dan tak jarang ia melukai ikan lain yang memiliki ukuran lebih besar.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Oscar

6. Lokasi Mata Unik

Lokasi mata dari ikan ini juga terbilang unik dikarenakan matanya seakan menyatu dengan rahang yang biasa digunakan untuk memakan mangsanya. Ciri ciri ikan Belida yang unik tersebut juga membuatnya dapat dengan mudah Anda kenali sehingga membuat anda dengan mudah memilihnya saat berbelanja di pasar.

7. Kulitnya

Bagian kulit dari ikan ini bertemakan abu-abu muda dengan beberapa lingkaran hitam yang seakan berbaris memanjang di bagian tubuhnya. Motif lingkaran yang ada di kulitnya ini membuat Anda dengan mudah mengenali ikan air tawar tersebut dalam hitungan detik.

Sedangkan warna silver yang melapisi bagian kulitnya menjadikannya memiliki kesamaan ciri khas dengan ikan air tawar yang hidup di sungai lainnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Komet

8. Predator

Ciri ciri ikan Belida yang terakhir adalah sifat alamiahnya dalam memangsa ikan yang lebih kecil. Mereka bertahan hidup di habitatnya dengan berburu makanan pada kegelapan malam yang didukung juga oleh bukaan rahangnya yang cukup lebar berguna untuk memangsa ikan lain yang menjadi santapannya. Ikan yang dapat berkembang biak melalui proses bertelur ini sangat menyukai air tawar dengan suhu yang tidak terlalu panas dan biasanya sering menyebarkan telur-telurnya pada bagian batang pohon ataupun bagian dasar sungai yang menjadi habitatnya.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha

Tinggalkan Balasan