Ciri Ciri Ikan Arwana

Ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara yang satu ini lebih akrab disebut dengan Arwana Asia. Ikan Arwana telah banyak ditemui pada sungai-sungai yang banyak berada di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Birma, dan Indonesia. Di wilayah Indonesia sendiri memiliki jenis Arwana yang berbeda dari negara tetangga lainnya.

Ciri ciri ikan Arwana yang biasa ditemui di Indonesia adalah warnanya yang sangat spesial antara warna merah dan warna keemasan dengan ekor merah yang membuat ikan air tawar ini diburu banyak peminatnya.

Rincian Dari ciri ciri Ikan Arwana

1. Mulutnya yang Runcing

Apabila Anda perhatikan dengan seksama maka dapat dilihat dengan jelas bahwa ikan yang satu ini memiliki bentuk runcing pada bagian mulut yang terarah keatas dan juga dilengkapi dengan dua buah sungut pada bagian bibir. ciri ciri ikan Arwana yang satu ini dapat dengan mudah Anda kenali dengan memperhatikan bagian kepalanya yang unik.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Belida

2. Mulut Bisa Terbuka Lebar

Meskipun mulutnya berbentuk runcing dan terlihat kokoh, ciri ciri ikan Arwana kali ini masih berada di bagian mulutnya yang tak kala unik yang dapat terbuka dengan lebar. Lebarnya mulut yang dimiliki ikan air tawar yang satu ini bertujuan untuk memudahkan dirinya dalam memakan mangsanya.

3. Bentuk Tubuhnya

Dapat Anda perhatikan bahwa ikan Arwana memiliki bentuk tubuh yang pipih dan memanjang yang membuatnya terlihat mempesona. Bentuk tubuhnya hampir bisa dikatakan lurus sempurna dari bagian sirip hingga ujung mulutnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Gurami

4. Warna Spesial

Ciri ciri ikan Arwana yang tak kalah memukau terdapat pada warna-warnanya yang dapat membuat Anda terpesona. Ikan yang juga ditemui pada beberapa bagian sungai di Indonesia ini memiliki warna ciri khas yang diantara lain merah, dan emas dengan ekor merah.

Ikan jenis ini juga menjadi incaran dari banyak para pecinta ikan Arwana di seluruh dunia karena warna merah yang dimilikinya terlihat sangat spesial. Namun bagi Anda yang berminat untuk merawat ikan tersebut harus merogoh kantong agak dalam dikarenakan ikan ini menjadi incaran banyak orang juga.

Artiekl terkait: Ciri Ciri Ikan Louhan

5. Sisiknya yang Menawan

Mengapa ikan air tawar yang satu ini disebut-sebut sangat istimewa dan mahal harganya? Jawabannya dapat Anda ketahui dari sisiknya yang besar didukung oleh warna yang cantik nan mempesona. Sisik yang dimilikinya seolah-olah dapat menyala didalam kegelapan yang membuatnya menjadi sorotan setiap orang yang melihatnya.

6. Panjang Tubuhnya

Ciri ciri ikan Arwana yang terakhir terdapat pada panjang tubuhnya. Rata-rata panjang tubuh dari ikan hias air tawar ini terdapat diantara 30cm sampai dengan 80cm. Ikan ini juga memiliki sirip pada bagian anus dibawah yang lebih panjang panjang dibandingkan dengan sirip atas pada bagian punggungnya.

Semua keindahan yang telah dijelaskan sebelumnya seakan menjadi sempurna setelah didukung oleh ukurannya yang bisa disebut panjang mempesona. Anda juga dapat merawat ikan hias air tawar ini di akuarium dalam rumah Anda sebagai hiasan yang pasti dapat menarik perhatian dari tamu yang berkunjung.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Oscar

Namun perlu diingat bahwa Anda harus menyediakan jenis akuarium yang panjang dan sedikit melebar untuk membuat pergerakan dari ikan Arwana yang Anda miliki lebih leluasa. Dan juga Anda perlu memperhatikan kebersihan air dari akuariumnya dengan cara rajin mengganti air pada seminggu sekali serta menggunakan penyaring udara yang berguna untuk menyaring kotoran supaya tidak mengendap.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha

Tinggalkan Balasan