Ciri Ciri Ikan Arapaima

Ikan arapaima atau arapaima gigas merupakan ikan dari ordo Osteoglossiformes yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal sebagai predator ganas yang memangsa hewan air lainnya. Dengan mudah ia dapat menelan mangsa-mangsanya karena ukuranya yang sangat besar.

Ikan ini banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis termasuk di perairan Indonesia. Untuk lebih mengenal ikan ini, simak ciri ciri ikan arapaima berikut ini.

Ciri Ciri Ikan Arapaima

1. Memiliki ukuran yang besar

Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan memiliki berat hingga 200 kilogram. Namun, saat ini sudah mulai jarang ditemukan ikan arapaima dengan ukuran lebih dari 2 meter karena penduduk seringkali melakukan penangkapan untuk dikonsumsi atau untuk di export ke negara lain. Ikan ini dianggap dapat mengganggu ekosistem hewan air yang lain karena ukuranya yang sangat besar.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Arwana

2. Warna ikan yang khas

Saat masih berukuran kecil, ikan ini memiliki warna kehitaman. Seiring dengan membesarnya ukuran ikan, warna hitam yang ada di bagian ekor akan memudar dan berubah menjadi kemerahan. Sementara di bagian tubuhnya memiliki sisik yang tebal dan berwarna putih-silver. Ada juga yang memiliki warna tubuh abu-abu hijau dan emas disertai titik berwarna orange di sepanjang tubuhnya.

3. Bentuk tubuh

Jika melihat ciri ciri ikan arapaima secara fisik, ikan ini memiliki bentuk yang ramping serta memiliki bentuk sirip yang panjang di bagian punggung hingga menuju bagian dekat anal. Karena model sirip yang dimilikinya, predator ini dapat berenang dengan cepat dan kuat.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Belida

4. Bersifat predator

Ikan yang dikenal dengan nama lain Paiche atau Pirarucu ini merupakan jenis ikan pemangsa hewan lain khususnya ikan-ikan kecil yang ada di sekitarnya. Karena sifat predatornya, ikan ini sering disebut monster ikan air tawar. Tidak hanya hewan di dalam air saja yang dimangsanya, ia juga dapat melompat ke permukaan air untuk memangsa katak, serangga, maupun burung yang ada di sekitar perairan.

5. Mampu bertahan tanpa air

Ciri ciri ikan arapaima selanjutnya adalah mampu bertahan tanpa air dalam waktu seharian. Meski ikan ini bernafas menggunakan insang, tapi ternyata dia mempunyai kemampuan untuk bertahan di luar air hingga mencapai waktu 24 jam. Hal ini dikarenakan ikan arapaima memiliki kantong kemih (swim bladder) yang telah mengalami evolusi menjadi paru-paru sehingga membuatnya mampu bernafas di darat.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Gurami

6. Tidak betah hidup di kedalaman

Ternyata ikan ini tidak bisa bertahan di air yang terlalu dalam. Dia hanya mampu berenang di kedalaman dalam waktu 20-30 menit saja karena lebih menyukai permukaan air. Hal ini dilakukan oleh ikan predator tersebut untuk mengintai mangsanya. Selain itu juga untuk memudahkannya bernafas di permukaan air.

7. Merupakan Living Fossil

Predator air yang hidup di air tawar ini juga dikenal sebagai living fosil atau hewan zaman purba yang bertahan hingga saat ini. Hal ini dapat dilihat dari anatomi tubuhnya yang mirip sekali dengan binatang-binatang zaman dahulu. Bahkan menurut hasil penelitian, ikan ini telah ada sejak masa periode jurasik, dimana hewan purba lain seperti dinosaurus juga hidup saat itu.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Louhan

8. Hidup di perairan beriklim tropis

Ciri ciri ikan arapaima berikutnya adalah habitat ikan yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Meskipun habitat aslinya berada di Sungai Amazon, tapi ikan ini juga dapat hidup di daerah yang memiliki iklim yang sama. Ikan ini tersebar di berbagai wilayah beriklim tropis seperti Indonesia, Papua Nugini dan Australia bagian utara. Karena dia menyukai air yang jernih dengan suhu antara 24-37 derajat celcius.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha