Bahaya dan Ciri Ciri Ikan Candiru

Nama ikan Candiru mungkin akan terdengar sedikit asing di telinga kamu. Ikan yang satu ini termasuk kedalam ikan yang hidup di air tawar dan berasal dari perairan Sungai Amazon. Namun, tahukan kamu ikan air tawar ini memiliki sifat yang sangat bahaya dan ciri ciri ikan candiru juga sangat penting untuk kamu ketahui, karena informasi ini akan sangat bermanfaat bagi kamu disaat bertemu ikan yang satu ini.

Ikan ini dikenal juga sebagai parasit bagi ikan lainnya dikarenakan kebiasaan mereka yang haus akan menyerap darah dari ikan yang ada dalam Sungai lainnya.

Inilah Bahaya dan Ciri Ciri Ikan Candiru

1. Tubuhnya

Ikan yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil dengan panjang hingga 40 cm. Namun, pada keadaan tertentu ukuran perutnya akan terlihat membuncit akibat sifat rakusnya dalam menghisap darah mangsanya. ciri ciri ikan Candiru yang dapat kamu lihat dengan jelas adalah tubuhnya yang tergolong transparan hingga kamu akan kesulitan untuk menemukannya pada air Sungai yang keruh. Bagian kepalanya berukuran kecil dengan beberapa sungut yang berguna sebagai sensor di dalam air.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan pari

2. Parasit Berbahaya

Ikan ini juga dikenal sebagai parasit yang tinggal pada aliran Sungai yang dapat mengancam ikan lainnya dan juga berbahaya terhadap manusia. Ikan ini menjadikan darah sebagai asupan makanan utamanya. Mereka akan menyerang secara berkelompok ikan lainnya dengan cara memasuki bagian insang ikan mangsanya dan mematikan si mangsa dengan memakan darahnya.

Ikan ini juga terkenal berbahaya bagi kamu seorang laki-laki yang sedang berenang di Sungai karena terdapat kasus dimana mereka dapat memasuki bagian uretra pada bagian alat vital lelaki. Jadi itulah bahaya dan ciri ciri Ikan Candiru yang termasuk kedalam golongan parasit dan perlu kamu waspadai.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan cakalang

3. Habitat

Tahukah kamu hewan air tawar yang mungil ini berasal dari Sungai Amazon yang terkenal berisi dengan hewan-hewan yang mengerikan. Ikan yang masih satu keluarga dengan lele ini akan banyak kamu temukan ketika berkunjung di Sungai Amazon yang membentang melewati beberapa negara di Amerika Selatan seperti Brasil, Kolombia, Peru, dan Bolivia. ciri ciri ikan Candiru yang berasal dari Sungai Amazon tersebut pasti juga sudah dapat kamu pahami bahwa ikan yang satu ini akan menjadi berbahaya.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri belut listrik

4. Pendeteksi yang Buruk

Hal aneh lainnya yang menjadikan ikan ini unik adalah caranya mendeteksi mangsa yang akan diserangnya dari kotoran mangsanya. Dengan kata lain ikan ini hanya akan mendeteksi calon mangsanya dari kotoran yang mereka keluarkan dan juga ikan ini akan masuk melalui bagian insang dari calon korbannya. Setelah memasuki insang si korban, ikan ini akan memakan daging dan organ bagian dalam mangsanya hingga akhirnya secara perlahan si mangsa yang berukuran lebih besar tersebut akan mati perlahan.

Ini juga yang menjadikan alasan utama mengapa ikan ini dapat memasuki aliran kencing dari seorang pria dikarenakan kemampuannya untuk mendeteksi kotoran yang baik.

Baca juga artikel terkait: ciri ciri ikan lele

5. Warna Tubuh

Ciri ciri ikan Candiru yang terakhir adalah warna tubuhnya yang putih transparan. Ikan yang tidak memiliki sisik tersebut memiliki warna yang tembus pandang, namun disaat mereka memakan mangsanya kamu dapat menemukan ikan ini akan memiliki kecenderungan warna yang agak merah pada beberapa bagian tubuhnya karena terpengaruh dari warna darah ikan yang telah dimangsanya. Ikan Candiru juga memiliki warna bola mata yang hitam berpadu dengan tubuhnya yang transparan sehingga ikan ini akan nampak seperti monster kecil yang menyeramkan.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ikan atau artikel menarik yang di tulis oleh Saliha