Ini Dia Tips & Trik Lulus ASN di Usia Muda

Mendapatkan ijazah sekolah yang cepat, pekerjaan yang layak dan tetap serta diterima di dunia kerja dengan segala potensi dan kualitas yang dimiliki tentunya menjadi dambaan setiap orang. Tidak terkecuali kaum milenial, karena mereka semakin berjuang untuk menemukan status karir seumur hidup setelah berhasil menyelesaikan pendidikan mereka. Ada banyak jenjang karir yang bisa dipilih, mulai dari ingin bekerja di perusahaan swasta, bekerja di perusahaan, berkarir sebagai pegawai pemerintah seperti TNI/Polri, saudagar/wirausahawan, bekerja di dunia perbankan, hingga ingin menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Semua fungsi tersebut merupakan aset yang harus dicapai agar tidak terlalu menghabiskan waktu untuk menyerap suasana pasca-orgasme dengan mengenakan toga atau berfoto kelulusan bersama orang tua dan teman sekelas.

Misalnya, bekerja sebagai guru dan berstatus ASN tentu menjadi dambaan banyak anak muda. Selain persiapan mental dan kompetensi, sepertinya untuk lulus ujian ASN atau ujian seleksi perlu mengetahui hal-hal sederhana dari segi trik dan tips. Penasaran dengan tips dan triknya? Berikut ulasannya.

1. Perbanyak ibadah dan permudah urusan orang lain

Motivasi diri spiritual yang lebih besar tentunya akan mampu menunjukkan sisi positif kepada setiap orang, termasuk kita yang akan mengikuti ujian masuk atau tes seleksi ASN. Meningkatkan kualitas pribadi dalam hal beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berusaha membantu mereka yang membutuhkan bantuan kita tentunya akan sangat bermanfaat.

2. Siapkan berkas/dokumen yang diperlukan tepat waktu

Ada baiknya untuk mulai mengarsipkan dan menyalin file-file dasar yang berkaitan dengan data pribadi seperti sertifikat pendidikan (dikonfirmasi), Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu keluarga, sertifikat, obligasi, sertifikat pengakuan, dll. Yang sudah lama dibutuhkan. Karena? Karena sistem rekrutmen ASN yang saat ini diatur oleh pemerintah masih berbasis file online dan fisik. Oleh karena itu, jika waktu unggah file dibuka bersamaan dengan pendaftaran, Anda tidak perlu khawatir untuk menyiapkan dokumen pendaftaran yang diperlukan.

BACA JUGA  Pendidikan Berkualitas Demi Kemajuan Negara Indonesia

3. Gunakan alat media sosial dan waktu pelatihan

Dari media sosial Youtube, Facebook, Instagram dan Telegram hingga Tiktok, kini kami telah menyediakan struktur dukungan bagi mereka yang ingin berlatih.

Sudah banyak organisasi dan pembuat konten yang sengaja mendistribusikan dokumen ujian CPNS atau PPPK untuk membantu audiens memahami jenis-jenis soal yang diujikan dan seberapa efektif dan efisien jawabannya dengan soal-soal tersebut. Jika perlu, cukup masukkan kata kunci “Bank Soal Tes CPNS atau PPPK Terbaru” di kolom pembayaran.

4. Tidak pernah malas untuk belajar

Tidak dapat disangkal bahwa kemalasan adalah penyakit yang belum bisa disembuhkan. Kedengarannya lucu dan konyol, tapi itulah kenyataannya. Ketika Anda baru saja lulus, Anda tidak pernah berhenti belajar.

Mengapa demikian karena rasa keterlambatan waktu dan kesempatan untuk belajar mengarah pada kemalasan manusia? Jika demikian, Anda akan menemukan diri Anda dalam situasi sulit dan bahkan beberapa langkah terlambat dari orang-orang yang tahu bagaimana melawan kemalasan.

5. Ajukan lebih banyak pertanyaan dan secara aktif membangun hubungan

Tentu akan sangat membantu untuk membiasakan bertanya tentang informasi faktual dari berbagai pihak yang mereka pahami, termasuk tentang pelaksanaan rekrutmen ASN.

Selain itu, kita juga dapat memperkuat hubungan dalam situasi kerja dan sekaligus membangun hubungan. Tidak perlu mendengarkan komentar negatif orang lain tentang Anda, karena apakah Anda memenuhi syarat atau tidak tergantung pada motivasi Anda.

 

Dengan dibukanya Tes Masuk ASN di Indonesia pada tahun 2022 dan tahun-tahun berikutnya, marilah kita mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mengubah pola pikir yang menurutnya persaingan di dunia kerja sangat menguntungkan. Semangat para calon muda ASN.