Perlunya Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Standarisasi

Perlu kita ketahui bahwa pendidikan sangat penting untuk masa depan bangsa. Masa depan Indonesia ada berada pada pemuda-pemudi saat ini. Oleh sebab itu para pemuda harus dibekali dengan kualitas pendidikan yang cukup agar kedepannya negara Indonesia akan menjadi lebih baik. Negara Indonesia tidak akan menjadi lebih baik tanpa adanya manusia yang berkualitas. Salah satu faktornya adalah pendidikan yang baik.

Pendidikan di Indonesia masih banyak mengalami kendala misalnya, tidak meratanya pendidikan, kurangnya sarana dan prasarana bagi peserta didik, dan bermacam masalah lainnya. Selanjutnya masalah lainnya juga muncul ketika peserta didik tidak mampu menerapkan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.Tentu hal ini semesti harus diperbaiki demi SDM yang lebih berkualitas.

Sesuai tujuannya adanya pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan yang dipahami dengan baik seharusnya mampu menjadikan para siswa memiliki ilmu, budi pekerti yang baik, akhlak mulia, dan lain-lain. Akan tetapi banyak siswa yang justru menjadi pelaku penyimpangan atau hal tidak benar. Hal ini karena kurangnya pemahaman esensi pendidikan itu sendiri.

Dasar dari pendidikan itu harus bisa dipahami oleh semua pihak baik murid maupun guru. Murid harus mengetahui dasar dari pendidikan agar mereka paham untuk apa mereka diberi pendidikan, Sehingga para murid tidak menuntut ilmu untuk sekedar mendapatkan ijazah belaka. Begitupula bagi Guru, pendidik harus memahami Dasar dari pendidikan agar nantinya guru dapat menyampaikan ilmu tersebut dengan baik  dan bukan hanya asal sekedar  menjalankan tugas.

Oleh karena itu, saatnya kita melihat pendidikan secara lebih luas. Agar Pendidikan membangun karakter murid menjadi lebih baik, pendidikan agar murid menjadi lebih berkualitas, pendidikan agar murid menjadi lebih terarah, dan pendidikan agar bangsa dan negara menjadi lebih maju. Pendidikan adalah jembatan awal menuju Indonesia yang lebih baik.

BACA JUGA  Berikut 10 Aplikasi Belajar Online Terbaik di Playstore dan Appstore

Oleh karena itu, kami akan deskripsikan bagaimana cara  mempersiapkan pendidikan yang berkualitas atas upaya yang dilakukan. Sehingga perlu kita cermati beberapa upaya di bawah ini untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas;

Dalam era global ini fungsi pembelajaran lebih penting dalam menigkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dibandingkan dengan hasil tekhnologi. Untuk itu dibutuhkan pembelajaran yang professional dalam bidangnya.

Peningkatan dan pengembangan kemampuan profesional menurut Dirjen  Pendidikan  Dasar  dan Menengah meliputi berbagai aspek antara lain kemampuan menggunakan metode dan sarana dalam proses belajar mengajar, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, disiplin dan komitmen pembelajaranan.

  • Pemanfaatan Lingkungan, Prasarana dan Sarana

Pemanfaatan lingkungan, meliputi peningkatan keberhasilan, keindahan, keamanan, kesehatan, dan pelestarian lingkungan serta pemanfaatannya sebagai sumber dan alat belajar. Misalnya melaksanakan kebersihan, keindahan, keamanan, kesehatan lingkungan. Pengembangan prasarana dan sarana menunjang proses pembelajaran.

  • Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi

Program peningkatan mutu pembelajaran dapat tercapai bila proses pembelajaran di kelas berlangsung dengan baik, berdaya guna dan berhasil guna. Capaian yang dielus-elusakan dapat terlaksana bila pembelajar berperan langsung dalam mengajar dan mendidik peserta didiknya, dapat meningkatkan kemampuannya, dibina secara terus-menerus. Untuk memotivasi pembelajar agar mengembangkan tugas pokoknya sehari-hari sesuai dengan tuntutan profesinya perlu dilakukan proses pembinaan profesional.

  • Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

Sekolah merupakan tempat pembinaan dan pengembangan pengetahuan dan kebudayaan yang sesuai dan dikehendaki oleh masyarakat dimana sekolah itu berada. Sebaliknya masyarakat diharapkan membantu dan bekerjasama dengan sekolah agar program sekolah berjalan lancar dan lulusan yang dihasilkan memenuhi kebutuhan masyarakat.