Ada Beberapa Tips Buat Anda Cara Mengatur Waktu Selama Kuliah Online

Tak berasa, waktu sudah berjalan dua tahun Kuliah dilakukan secara daring atau online. Demikian hal ini dilaksanakan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Dan salah satunya cara agar mahasiswa dapat tetap mengikuti aktivitas kuliah adalah dengan cara daring atau online.

beda halnya dari kuliah pada biasanya, namun kuliah online terkesan lebih santai , justru perkuliahan daring juga punya tantangan tersendiri. Kamu butuh konsentrasi sekaligus kemampuan ekstra dalam mengatur waktu. Jangan cepat patah semangat gitu, kami menyajikan beberapa tips mengatur waktu kamu selama kuliah online supaya lebih produktif!

Langkah awal dari tips mengatur waktu kuliah online adalah mengurutkan prioritas kegiatan. Utamakan jadwal kuliah daring kamu bersama dosenmu, lalu iringi jadwal belajar kalian secara mandiri. Selanjutnya, selesaikan tugas yang deberikan dosen kepada kamu sesuai deadline tenggat waktu yang paling dekat atau menyelesaikan sedikit demi sedikit tugas yang sulit jauh-jauh hari dari waktu tenggat yang diberikan. Jika ada keperluan bimbingan tugas atau skripsi dengan dosen, jangan lupa untuk menjadwalkannya dari beberapa hari sebelumnya.

  • Buatlah agenda kegiatan

Setelah kamu melakukan tips diatas, saatnya kamu membuat agenda kegiatanmu. Agenda kegiatan ini berisi apa yang akan kamu lakukan di keesokan harinya. Buatlah agenda kegiatanmu sebagus mungkin, contohya kamu memastikan kapan mengerjakan tugas dari dosenmu, bimbingan tugas atau skripsi dengan dosenmu, atau menyelesaikan proyek akhir semestermu.

Agar kamu tidak lewat dari waktu tenggat, perlu diingat pula durasi pengerjaannya supaya kamu bisa mengukur berapa lama kamu mengerjakan tugas atau proyek akhir semester. Dan Ingat, jangan sampai waktu tenggatnya terlewat yang sudah ditetapkan agar nantinya kamu tak kewalahan.

  • Kenali hal yang membuatmu terdistraksi

Tips selanjutnya adalah mengenali hal yang membuat kamu terdistraksi. Kita tak bisa menyangkal, sebagai seorang mahasiswa pasti ada hal yang membuatmu terdistraksi dari kuliah online yang kamu jalani. Jangan kamu biarkan gitu aja, kamu harus mengetahui  apa saja yang dapat memalingkan perhatian kamu.

BACA JUGA  Mengenal Udang Windu dan Ciri Ciri Nya

Cari tahu apa saja penyebabnya bisa saja dari chatting dari teman, postingan dari media sosial, , atau mungkin kamu kebanyakan bermain game online. Dengan mengartahui apa yang membuat kamu terganggu dari kuliah daring, kamu pasti bisa mengatur strategi untuk menghindarinya. dan akhirnya, kamu pasti akan lebih fokus dengan kuliah daring.

  • Jangan tunda pekerjaan

Salah satu penyebab tanpa kamu sadari yang membuatmu lalai adalah menunda pekerjaan. Contohnya, saat kamu diberikan tugas oleh dosen, kamu melakukan hal yang tak perlu sehingga kamu menundanya dikarenakan waktu tenggat yang masih jauh.

Sementara itu, menngerjakan tugas termasuk dalam daftar prioritas kamu, dan dengan menunda pekerjaan bisa mengganggu rencana kamu. Dan pastinya, kamu akan mengerjakan tugasmu saat mendekati waktu tenggat sehingga hasil dari pekerjaanmu kurang maksismal. Oleh karena itu, agar daftar prioritas kamu tidak acak-acakan, maka lakukan tugasmu segera mungkin atau pekerjaan yang diberikan sesaat setelah kamu menerimanya.

  • Tetap luangkan waktu untuk bersantai

Tak lupa kamu luangkan waktutumu untuk istirahat atau bersantai. Adakalanya kuliah daring terkesan lebih santai, bukan berarti kamu  kamu bisa bermalas-malasan. Agar sesaat kuliah online kamu bisa berpikir jernih dan bisa berkonsentrasi, kamu juga perlu meluangkan waktu khusus untuk bersantai.

Tujuannya dari tips ini bisa kamu gunakan untuk me-refresh pikiranmu sebelum diberikan materi kuliah yang baru lagi.  dan Ingat, selama waktu luang ini, coba kamu fokus dengan dirimu sendiri. Lupakan tentang kuliah untuk sementara agar kamu lebih siap lagi saat memulai perkuliahan pada jadwal selanjutnya.

Selama beberapa tips mengatur waktu kuliah online atau daring ini kamu lakukan dengan baik, dijamin kuliah kamu akan lebih produktif. Apalagi saat kamu sedang menjalani perkuliahan daring . Meskipun program kuliah online ini bisa dilakukan di mana saja, tips mengatur waktu ini dijamin akan membantu kamu berkonsentrasi penuh saat proses perkuliahan.