mengenal udang windu

Mengenal Udang Windu dan Ciri Ciri Nya

Biota laut kali ini adalah seekor Udang Windu atau dalam sebutan ilmiahnya dikenal dengan Penaeus monodon. Udang yang satu ini merupakan biota laut yang berasal dari wilayah laut Indonesia yang sangat luas. Udang Windu juga menjadi komoditas utama bagi masyarakat untuk dijadikan olahan makanan yang mengandung mineral, protein, dan vitamin yang tinggi.

Udang windu memliki kulit tubuh yang keras, berwarna hijau kebiruan, dan berloreng-loreng besar. Saat muda udang Windu berada di perairan dangkal tepi pantai, dan begitu dewasa mencari tempat yang dalam di tengah laut.

Dilihat dari segi manfaatnya bagi kebutuhan gizi manusia, udang memiliki kadar protein yang tinggi, vitamin, dan mineral lainnya. Selain itu udang juga memiliki asam amino yang lengkap, baik essensial ataupun nonessensial.

Ciri ciri udang Windu yang dengan mudah kamu kenali juga terdapat pada tekstur tubuh bagian luarnya yang cenderung keras serta memiliki corak loreng dan warna cenderung hijau tua.

Berikut Rincian Dari Morfologi dan ciri ciri Udang Windu

1. Antena

Udang laut yang satu ini memiliki dua buah antena panjang yang membentang dari bagian kepala hingga mendekati ujung ekornya. kamu dapat dengan mudah mengenali ciri ciri udang Windu kali ini dengan antenanya yang menjuntai panjang. Antena tersebut berguna untuk digunakan sebagai indera perasa dan peraba lingkungan sekitar yang ia tinggali.

2. Warna dan Corak

Hewan laut yang satu ini juga dapat kamu kenali dari coraknya yang mudah untuk diingat. Ciri ciri udang Windu yang sangat mudah kamu pahami adalah corak loreng berukuran besar yang membentang pada bagian punggung sehingga udang ini juga dikenal dengan nama Giant tiger. Warna dasarnya adalah kehitaman yang berpadu dengan corak loreng besar yang ini juga menjadikan ciri khas dari mereka.

3. Ukuran

Ukuran tubuhnya terbilang sangat unik karena lebih besar dari ukuran udang lainnya yang mungkin pernah kamu temui. Pada udang Windu jantan ukuran tubuh mereka seringkali ditemukan pada berat paling besar 170 gram dan memiliki panjang hingga 25 cm. Untuk yang berjenis betina kamu dapat menemui ukuran tubuhnya yang lebih besar dari pejantannya dengan ukuran panjang hingga 33 cm dan berat paling besar hingga 320 gram.

4. Bagian Kulit Keras

Ciri ciri udang Windu yang selanjutnya adalah bagian kulitnya yang terbilang cukup keras dan kamu dengan mudah mengetahuinya. Kulit kerasnya tersebut menutupi bagian tubuh dalamnya yang biasa disebut dengan eksoskeleton. Lapisan keras tersebut dapat kamu kenali dengan jelas karena membungkus bagian dari tubuhnya berada dari kepalanya hingga ekornya.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Anime Genre Comedy Yang Layak Ditonton di Tahun 2022

5. Kaki dan Capit

Binatang laut yang termasuk dalam kelompok krustasea tersebut memiliki alat bantu seperti kaki dan capit yang berguna dalam membantu mereka di kehidupan. Pada bagian kaki udang yang satu ini memiliki 5 buah kaki yang berguna sebagai alat bantu gerak mereka di dalam lautan yang terletak pada bagian perutnya.

Hal yang unik juga terdapat pada bagian kepalanya yang muncul dua buah capit kecil atau dinamakan sebagai maxillapoda. Maxillapoda pada udang berfungsi sebagai alat bantu untuk memasukan makanan yang diperolehnya kedalam mulut.

6. Habitat

Ciri ciri udang Windu yang terakhir adalah habitatnya. Habitat dari hewan laut ini sering ditemukan pada dasar lautan yang terdiri dari pasir lembut dengan lumpur yang saling tercampur. Mereka akan memasukan dirinya didalam dasar lautan yang berpasir dengan tujuan untuk menghindari diri dari mangsa hewan yang lebih besar lainnya. Keunikan lainnya yang kamu perlu ketahui adalah indukan dari udang Windu ini akan berenang menuju muara sungai yang berair payau untuk memijahkan larva calon anak-anaknya. Ketika telah menetas maka anakan udang ini akan menghabiskan waktunya untuk mencari makan pada muara sungai hingga di masa dewasa mereka berenang kembali menuju lautan.

Cara Pilih Kesegaran Udang Windu yang Berkualitas

Banyak para peternak atau pembeli menginginkan udang windu dengan kesegaran yang berkualitas tinggi pada saat diolah atau dibudidayakan. Oleh karena itu, kami meyajikan beberapa informasi terkait memilih udang windu yang segar dan berkualitas.

  1. Pastikan memilih udang yang masih tertempel kepalanya sebagai indikasi udang masih segar
  2. Hindari udang yang beraroma tidak sedap apalagi busuk karena tentunya akan berkualitas buruk.
  3. Kesegaran terlihat pada cangkang kulit yang bercorak warna khas udang windu pada umumnya.
  4. Tingkat tekstur udang yang masih kenyal dan tidak lembek

Saat ini udang menjadi komoditi ekspor perikanan nomor satu di Indonesia. Setidaknya ada dua jenis udang yang menjadi andalan, yakni udang windu dan vaname. Udang Windu (penaeus monodon) dikenal dengan sebutan black tiger shrimp merupakan udang laut asli Indonesia yang tumbuh mencapai 35 cm dan berat sekitar 260 gram. Namun, jika dipelihara di tambak panjang tubuhnya hanya mencapai 20 cm dan berat sekitar 140 gram.

Terakhir, yang ditekankan disini adalah udang windu tidak terdapat bercak-bercak warna putih. Hal itu mengindikasikan udang terjangkit penyakit white spot hingga udang tersebut tidak segar lagi alias mati.