Pakaian tradisional vietnam yang dipakai pada acara pesta adalah

Pakaian tradisional vietnam yang dipakai pada acara pesta adalah

Pakaian tradisional vietnam yang digunakan dalam acara pesta yaitu…

 

Jawaban

Ao dai :

Pakaian Tradisional Vietnam Yang Digunakan Dalam Acara Pesta. Pakaian Tradisional Vietnam – Ao Dai merupakan pakaian nasional negara Vietnam untuk para kaum wanita. Untuk saat ini, Ao Dai memiliki model yang ketat, terbuat dari kain sutera dan dikenakan dengan celana pantalon.

 

Ao dai diucapkan (ow-yai) di selatan dan (ow-zai) di utara. Ao diserap dari bahasa Tionghoa lama (Fusuma) yang berarti “pakaian”. Sementara Dalam bahasa Vietnam modern, Ao mengacu pada jenis pakaian yang menutupi tubuh dari leher sampai ke bawah. Dai berarti “panjang.

 

Penjelasan

Dalam bahasa Vietnam, kata Ao Dai diperuntuhkan untuk menyebut berbagai type pakaian yang kini tak lagi dipakai, seperti Ao Ngu Than, yaitu gaun dari sejak abad ke-19 yang dikenakan kalangan bangsawan yang dipengaruhi gaya busana Manchu. Terinspirasi oleh mode Paris, seniman asal Hanoi, Nguyen Cat Turong mendesain ulang Ao Ngu Than pada tahun 1930.

 

Pada tahun 1950, para desainer busana dari Saigon mengetatkan gaya busananya hingga menjadi versi saat ini. Lalu pada tahun 1960 dan awal 1970, pakaian ini sangat terkenal di Vietnam Selatan. Pada era rezim komunis yang mulai menguasai Vietnam sejak tahun 1975, mencelanya sebagai pakaian yang sederhana dan bermodel androgini.

 

Barulah pada tahun 1990-an, Ao Dai mendapatkan kembali ketenarannya . Pakaian versi pria adalah Ao Gam (jubah brokat), yang dikenakan saat perayaan-perayaan tertentu seperti Tet, pernikahan, atau kematian. Pada zaman sekarang Ao Gam lebih dominan dipakai oleh pria generasi tua.

 

Pada kalangan akademis mengartikan Ao Dai adalah pakaian yang menyimbolkan kecantikan wanita Vietnam dan rasa nasionalisme Vietnam, salah satunya adalah dengan penyelenggaraan kompetisi lomba kecantikan “Miss Ao Dai“. Ao dai merupakan sebuah kata bahasa Vietnam yang terdapat dalam kamus-kamus bahasa Inggris.

BACA JUGA  Mengapa proses pencernaan sapi sangat rumit