Jenis Laporan Keuangan Bank Mandiri

Setiap perusahaan pastinya akan membuat laporan keuangan untuk dianalisis dan dilihat bagaimana  perkembangan dari perusahaan tersebut, begitu juga dengan lembaga perbankan, meskipun laporan keuangan yang dibuat memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan perusahaan pada umumnya, tetap saja ada laporan keuangan yang rutin dibuat oleh bank terkait termasuk Bank Mandiri.

Laporan Keuangan Bank Mandiri

Laporan keuangan sendiri merupakan laporan yang berisi tentang catatan semua transaksi keuangan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Pembuatan laporan keuangan ini harus memenuhi Standar Akuntansi Keuangan yang telah ditentukan, yakni mudah dipahami, relevan dengan kondisi perusahaan, memiliki kebenaran informasi, dan laporan tersebut dapat dibandingkan dengan laporan dari periode sebelumnya.

Laporan keuangan memiliki 3 komponen utama yang harus ada didalamnya, yakni aset atau kekayaan perusahaan, liabilitas atau kewajiban perusahaan, dan ekuitas perusahaan. Ada juga laporan arus kas dan jenis laporan keuangan lainnya.

Sebelum pembahasan terlalu jauh terkait laporan keuangan dari bank, Anda perlu memahami terlebih dahulu terkait bisnis utama yang dilakukan oleh bank,yakni mengelola simpanan dari nasabah, dan memberikan pinjaman ke nasabah lainnya, sehingga akan diperoleh pendapatan dari bunga yang dibayarkan oleh nasabah peminjam dana.

Sama halnya dengan perusahaan pada umumnya, bank juga memiliki kewajiban untuk membuat laporan keuangan, biasanya laporan keuangan tersebut dirilis sesuai dengan jangka waktu tertentu, yakni,

  • Laporan keuangan bulanan

Sesuai dengan namanya, laporan keuangan yang satu ini dirilis pada setiap akhir bulan selama satu tahun, laporan tersebut adalah gugusan kantor pusat bank dengan seluruh cabang bank yang ada.

  • Laporan keuangan triwulan

Selanjutnya adalah laporan keuangan triwulan yang dilakukan setiap 3 bulan sekali, biasanya dilakukan pada akhir bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Tentunya laporan keuangan ini disajikan sesuai dengan peraturan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Laporan keuangan ini juga dipublikasikan untuk memberikan informasi hasil usaha, kinerja, serta posisi keuangan bank.

  • Laporan keuangan tahunan

Ada juga laporan keuangan tahunan yang dirilis setiap tahun biasanya per tanggal 31 Desember, laporan ini dibuat untuk memberikan informasi terkait kondisi keuangan dari bank secara menyeluruh, sehingga nasabah dan juga publik memiliki gambaran baik positif atau negatif mengenai kinerja dan performa dari bank.

Selain itu, laporan keuangan tahunan bank juga menumbuhkan transparansi dan keyakinan masyarakat pada lembaga perbankan.

Bank Mandiri pada sepanjang tahun 2021 telah mencatatkan kinerjanya yang positif, per 31 Desember 2021, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memiliki total aset Rp1.725 triliun, yang mana jumlahnya mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya, yakni per 31 Desember 2020 memiliki total aset sebesar Rp1.541 triliun.

Total liabilitas dari Bank Mandiri juga mengalami peningkatan menjadi Rp1.326 triliun, begitu juga dengan ekuitas Bank Mandiri juga meningkat menjadi Rp222,1 triliun setelah periode sebelumnya hanya sebesar Rp204,69 triliun.

Nah, itulah laporan keuangan bank mandiri per 31 Desember 2021 yang memang laporan tersebut dipublikasikan agar diketahui oleh masyarakat.