Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Indosat Agar Tidak Cepat Habis

Hi Readers, Apakah Kamu Sering Mengalami Kuota Indosat Cepat Habis?

Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna kartu Indosat yang mengalami hal yang sama. Padahal, kuota internet adalah salah satu kebutuhan utama bagi pengguna smartphone. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, kegiatan belajar dan kerja sudah dilakukan secara online. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara memperpanjang masa aktif kuota Indosat agar tidak cepat habis.

1. Beli Paket Internet yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pertama-tama, kamu harus memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan terlalu serakah dan membeli paket yang berlebihan. Karena jika kuota internetmu tidak terpakai sampai habis, maka kuota tersebut akan hangus di akhir masa aktifnya.

2. Perpanjang Masa Aktif Kuota dengan Pulsa

Jika kuota internetmu hampir habis dan masa aktifnya belum berakhir, kamu bisa memperpanjang masa aktif kuota tersebut dengan menggunakan pulsa. Caranya cukup mudah, cukup ketik *123*7# dan pilih opsi “perpanjang masa aktif”. Setelah itu, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Gunakan Kuota Malam

Indosat memiliki program kuota malam yang bisa digunakan dari pukul 01.00 hingga 06.00 pagi. Kuota malam ini biasanya lebih murah dan bisa digunakan untuk mengakses internet tanpa batas. Jadi, jika kamu sering mengakses internet di malam hari, gunakanlah kuota malam ini agar kuota utamamu tidak cepat habis.

4. Gunakan Kuota VideoMAX

Jika kamu suka menonton video di YouTube atau aplikasi streaming lainnya, kamu bisa menggunakan kuota VideoMAX. Kuota VideoMAX ini khusus untuk mengakses video di aplikasi tertentu, seperti YouTube, iFlix, HOOQ, dan lain-lain. Dengan menggunakan kuota VideoMAX, kuota utamamu tidak akan terpakai dan bisa dihemat untuk kebutuhan lainnya.

5. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Seringkali kita meninggalkan aplikasi yang tidak digunakan, padahal aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang. Hal ini akan menguras kuota internetmu secara tidak sadar. Oleh karena itu, matikan aplikasi yang tidak digunakan agar kuota internetmu tidak cepat habis.

6. Gunakan Aplikasi Penghemat Kuota

Ada banyak aplikasi penghemat kuota yang bisa kamu gunakan untuk menghemat penggunaan data internetmu. Beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah Opera Max, Onavo, dan DataEye. Dengan menggunakan aplikasi penghemat kuota, kamu bisa mengatur penggunaan data internetmu secara efektif.

7. Gunakan Kuota WiFi

Jika kamu berada di tempat yang memiliki WiFi, gunakanlah kuota WiFi tersebut. Jangan terlalu sering menggunakan kuota internetmu jika ada WiFi yang tersedia. Dengan menggunakan kuota WiFi, kamu bisa menghemat penggunaan kuota internetmu.

8. Hindari Streaming Video HD

Streaming video HD membutuhkan banyak kuota internet. Oleh karena itu, hindarilah streaming video HD jika kamu ingin menghemat penggunaan kuota internetmu. Gunakanlah kualitas video yang lebih rendah untuk menghemat kuota internetmu.

9. Hindari Download File Besar

Download file besar juga bisa menguras kuota internetmu dengan cepat. Oleh karena itu, hindarilah download file besar jika tidak terlalu diperlukan. Gunakan WiFi atau jaringan internet yang lebih cepat jika ingin download file besar.

10. Aktifkan Mode Hemat Data

Indosat memiliki fitur mode hemat data yang bisa kamu aktifkan. Fitur ini akan membatasi penggunaan data internetmu agar tidak terlalu banyak. Kamu bisa mengaktifkan mode hemat data di pengaturan jaringan pada smartphonemu.

11. Gunakan Aplikasi Browser Ringan

Aplikasi browser yang berat akan menguras kuota internetmu lebih banyak. Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi browser yang ringan, seperti Google Chrome atau Opera Mini. Aplikasi browser ringan ini akan menghemat penggunaan kuota internetmu.

BACA JUGA  Cara Membuat Laporan Keuangan di Word

12. Hindari Mengakses Situs yang Tidak Penting

Mengakses situs yang tidak penting juga bisa menguras kuota internetmu dengan cepat. Oleh karena itu, hindarilah mengakses situs yang tidak penting dan fokuslah pada situs yang benar-benar diperlukan.

13. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi yang menumpuk juga bisa menguras kuota internetmu. Oleh karena itu, hapuslah cache aplikasi secara berkala agar kuota internetmu tidak cepat habis.

14. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Sama seperti cache aplikasi, aplikasi yang tidak digunakan juga bisa menguras kuota internetmu secara tidak langsung. Oleh karena itu, hapuslah aplikasi yang tidak digunakan agar kuota internetmu tidak cepat habis.

15. Gunakan Kuota Gratis dari Indosat

Indosat sering memberikan kuota gratis untuk pengguna setianya. Kamu bisa memanfaatkan kuota gratis ini untuk menghemat penggunaan kuota internetmu.

16. Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan mode pesawat jika sedang tidak digunakan. Mode pesawat akan mematikan semua koneksi internet pada smartphonemu sehingga penggunaan kuota internetmu tidak terkuras secara tidak sengaja.

17. Batasi Penggunaan Aplikasi Sosial Media

Sosial media seperti Facebook dan Instagram membutuhkan banyak kuota internet. Oleh karena itu, batasi penggunaan aplikasi sosial media agar kuota internetmu tidak cepat habis.

18. Gunakan Paket Unlimited

Jika kamu memang membutuhkan kuota internet yang banyak, kamu bisa memilih paket unlimited dari Indosat. Dengan menggunakan paket unlimited, kamu bisa mengakses internet tanpa batas dan tidak perlu khawatir kuota internetmu cepat habis.

19. Aktifkan Mode Malam

Indosat memiliki fitur mode malam yang bisa kamu aktifkan. Fitur ini akan memberikan diskon harga untuk paket internet yang kamu beli pada malam hari. Kamu bisa mengaktifkan mode malam di aplikasi MyIM3.

20. Aktifkan Paket Combo

Paket combo adalah paket yang menggabungkan antara kuota internet, pulsa, dan SMS dalam satu paket. Dengan menggunakan paket combo, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan menghemat penggunaan kuota internetmu.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa cara memperpanjang masa aktif kuota Indosat agar tidak cepat habis. Kamu bisa memilih cara yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk mengatur penggunaan kuota internetmu dengan baik agar tidak cepat habis. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.