Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan Sederhana

Hal yang Perlu Dipersiapkan

Hello Readers! Untuk membuat pola baju anak perempuan sederhana, kamu memerlukan beberapa hal seperti kertas gambar, pensil, penghapus, penggaris, dan alat ukur. Sebaiknya kamu juga menyiapkan bahan kain dan benang yang akan kamu gunakan untuk menjahit baju tersebut.

Langkah Pertama: Ukur Tubuh Anak

Langkah pertama adalah mengukur tubuh anakmu. Gunakan penggaris dan alat ukur untuk mengukur lingkar dada, pinggang, dan pinggul anakmu. Tuliskan hasil pengukuran tersebut pada kertas gambar.

Langkah Kedua: Buat Dasar Pola

Setelah kamu memiliki ukuran tubuh anakmu, langkah selanjutnya adalah membuat dasar pola. Gunakan pensil dan penggaris untuk membuat bentuk persegi panjang pada kertas gambar. Ukuran persegi panjang tersebut harus sama dengan ukuran lingkar dada anakmu. Selanjutnya, tambahkan lebar bahu pada bagian atas persegi panjang. Ukuran lebar bahu dapat kamu tentukan sendiri, tergantung pada preferensimu. Kemudian, gambar garis lurus dari titik bahu ke titik pinggang. Setelah itu, tambahkan lebar pinggang pada bagian tengah gambar. Terakhir, gambar garis lurus dari titik pinggang ke titik pinggul dan tambahkan lebar pinggul pada bagian bawah gambar. Setelah itu, kamu akan memiliki dasar pola yang siap digunakan.

Langkah Ketiga: Sesuaikan Pola dengan Ukuran Anak

Selanjutnya, sesuaikan dasar pola yang kamu buat dengan ukuran tubuh anakmu. Gunakan alat ukur untuk memeriksa apakah ukuran bahu, pinggang, dan pinggul pada pola sudah sesuai dengan ukuran tubuh anakmu. Jika ada bagian yang perlu diubah, gambar kembali pola tersebut dengan ukuran yang lebih akurat.

Langkah Keempat: Tambahkan Detail pada Pola

Setelah dasar pola sudah sesuai dengan ukuran tubuh anakmu, langkah selanjutnya adalah menambahkan detail pada pola. Kamu bisa menambahkan kerah, lengan, dan kancing pada pola tersebut. Pastikan kamu membuat detail yang sesuai dengan keinginanmu dan anakmu.

Langkah Kelima: Gunakan Pola untuk Membuat Baju

Setelah pola sudah selesai, gunakan pola tersebut untuk membuat baju anakmu. Gunakan kain yang kamu sudah persiapkan sebelumnya dan jahitlah sesuai dengan pola yang sudah kamu buat. Jangan lupa untuk mengecek apakah baju tersebut sudah pas dan nyaman untuk anakmu.

BACA JUGA  Cara Mereset Mesin Cuci Electrolux

Kesimpulan

Membuat pola baju anak perempuan sederhana bisa dilakukan dengan mudah asalkan kamu memiliki alat dan bahan yang diperlukan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat pola baju sendiri tanpa harus membeli pola yang sudah jadi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!