patriotisme berasal dari kata patria artinya

Patriotisme berasal dari kata patria artinya

Patriotisme berasal dari kata patria yang artinya

 

Jawaban

Patriotisme sendiri berasal dari dua kata yaitu “patria” dan “isme”, yang mana arti atau makna dari kata “patria” sendiri ialah sikap kepahlawanan atau sikap cinta tanah air. sedangkan kata “isme” sendiri dapat kita maknai sebagai suatu paham, ajaran, atau kepercayaan. sehingga kata patriotisme sendiri dapat di maknai sebagai suatu paham, ajaran, atau asas mengenai kesetiaan dan semangat cinta terhadap tanah air.

 

Pembahasan

terdapat beberapa ciri- ciri seorang patriotik, yang mana di antaranya ialah ;

  • memiliki rasa solidaritas terhadap sesama.
  • Rasa cinta tanah air
  • memiliki rasa simpati terhadap bangsa
  • Pantang menyerah
  • Memiliki jiwa pembaharuan

selain itu sikap patriotisme sendiri bertujuan dalam menjaga persatuan dan juga keutuhan suatu negara dari berbagai ancaman, baik itu ancaman dari dalam maupun ancaman dari luar.

patriotisme sendiri dapat di bedakan menjadi beberapa macam, yang mana di antaranya ialah ;

  • Patriotisme Buta, yang mana patriotisme ini sendiri merupakan suatu kecintaan terhadap bangsa dan karena kecintaannya dia tidak mempertimbangkan pandangan orang lain.
  • Patriotisme Konstruktif, yang mana patriotisme ini sendiri merupakan suatu kecintaan terhadap bangsa atau negara dan dia tetap mempertimbangkan pandangan orang lain

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan bahwa Patriotisme sendiri berasal dari dua kata yaitu “patria” dan “isme”, yang mana arti atau makna dari kata “patria” sendiri ialah sikap kepahlawanan atau sikap cinta tanah air, sedangkan kata “isme” sendiri dapat kita maknai sebagai suatu paham, ajaran, atau kepercayaan.

BACA JUGA  Hari Senin Anak-Anak Sudah Masuk Sekolah, Orang Tua Perlu Memperhatikan 2 Hal Berikut Ini