Berikut yang tidak termasuk dalam kegiatan mengukir adalah

Berikut yang tidak termasuk dalam kegiatan mengukir adalah

Berikut yang tidak termasuk dalam kegiatan mengukir adalah…

a. Menggores
b. Memahat
C. Menoreh
D. Memangkas

 

Jawaban

Salah satu Fungsi karya seni  dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai sarana untuk  penunjang kehidupan. Kekurangan dari karya seni yang mengarah pada fungsi fisik yaitu nilai estetika terabaikan akibat dari karya tersebut. Hal ini sudah terkonsep dari seniman. Karya seni rupa yang dibuat dengan cara menempel pada  bahan permukaan gambar sering disebut dengan kolase. Yang tidak termasuk dalam kegiatan mengukir adalah memangkas.

Teknik-teknik seni lukis dan penjelasannya :

  1. Teknik aqurel adalah teknik melukis dengan menggunakan cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan bernuansa transparan.
  2. Teknik plakat merupakan teknik melukis yang menggunakan cat air, cat akrilik maupun cat minyak dengan sapuan tebal dan komposisi cat yang kental. Sehingga memberi kesan yang colorfull pada setiap karya.
  3. Teknik spray adalah teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Tujuan menggunakan teknik ini yakni untuk menghasilkan lukisan yang lebih halus dan tampak lebih visual.
  4. Teknik pointilis , Teknik ini membutuhkan kesabaran yang lebih daripada teknik lukis lainnya, karena cara kerjanya dengan menggunakan titik-titik untuk menghasilkan lukisan yang menawan. Sering kali para pelukis menggunakan gradasi warna untuk mengatur gelap terang lukisan.
  5. Teknik lukis tempera merupakan teknik melukis dengan cara mencampurkan kuning telur ke dalam cat sebagai bahan perekat. Lukisan ini sebagian menggunakan kayu sebagai kanvasnya dan ada juga yang langsung melukiskan ke tembok.
  6. Seni lukis cat minyak adalah proses melukis dengan menggunakan pigmen yang terikat dengan media minyak pengering. Minyak pengering yang biasa digunakan seperti minyak biji rami, minyak kenari dan minyak poppyseed.
  7. Teknik basah merupakan teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan linseed oil atau minyak cat. Setelah cat diencerkan dalam kekentalan tertentu, barulah di poleskan di atas permukaan kanvas.
  8. Kebalikan dengan teknik basah, teknik kering berarti melukis tanpa menggunakan linseed oil atau minyak cat. Kuas yang digunakan pada teknik kering haruslah dalam keadaan kering serta tidak berminyak. Untuk teknik ini disarankan menggunakan cat yang baru keluar dari dalam tube.Teknik kering cocok digunakan untuk melukis dengan kesan volume serta keruangan, seperti naturalism, realism dan surelism.

 

Pembahasan

Seni rupa jika dilihat dari fungsinya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu, seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah jenis seni rupa yang tidak memperhitungkan fungsi praktis dan kegunaan dari  karya sangat diperhatikan adalah hanya keindahannya saja, atau dapat dikatakan hanya menitik beratkan pada ekspresi jiwa seorang  seniman saja. Seni rupa terapan adalah jenis seni rupa yang memperhitungkan fungsi praktis namun kegunaan dari karyanya  tanpa memperhatikan keindahan dari karya tersebut.

BACA JUGA  Keberagaman harus dikaitkan dengan kesetaraan karena

 

Jenis seni rupa :

  • Seni lukis : bentuk  pengembangan dari menggambar yang lebih utuh dan lengkap.
  • Seni grafis :  salah satu  cabang seni dengan  pembuatannya menggunakan alat atau dapat juga dengan teknik cetak yang pada umumnya dilakukan diatas kertas seperti pada poster dan sablon.
  • Seni kriya : seni 2 dimensi yang menekankan pada aspek ketrampilan tangan seniman.
  • Seni ilustrasi : jenis seni yang  menggambar untuk menyampaikan , atau mempermudah pembaca agar mengetahui makna dari sebuah cerita , seperti gambar pada komik.
  • Seni patung : jenis karya seni rupa 3 dimensi yang dibuat melalui cara memahat , adapun untuk masalah bahan biasanya dari batu , ada juga yang dari kayu.