Yang bukan merupakan kelainan pada tulang manusia adalah

Yang bukan merupakan kelainan pada tulang manusia adalah

Yang bukan merupakan kelainan pada tulang manusia adalah

a. lordosis

b. skoliosis

c. oerosis

d. kifosis​

 

Jawaban

yang bukan merupakan kelainan pada tulang manusia adalah C. Oerosis

 

Pembahasan

 

Pengertian Tulang

Tulang merupakan suatu susunan rangka manusia. Tulang memiliki sifat yang keras, dikarenakan tulang sudah mengalami proses mineralisasi. Tulang memiliki 2 komponen yaitu tulang kolagen dan tulang kalsium gosfat. Tulang ini sebagai rangka manusia, jika tidak ada tulang, maka manusia tidak bisa berdiri atau tidak bisa melakukan apa apa. Tulang mengandung kalsium yang tinggi dapat memperbaiki tulang yang rusak. Tulang memiliki beberapa macam yaitu tulang pipa, tulang pipih.

 

Macam Macam Tulang

 

a. Tulang Pipa

Tulang pipa sering disebut dengan tulang panjang. Tulang ini memiliki bentuk yang seperti pipa dan memiliki rongga. Tulang pipa dibagi menjadi 3 yaitu tulang bagian tengah atau disebut dengan diafisi, tulang bagian ujung atau  disebut dengan epifisis, dan tulang diantara bagian kedua diatas disebut dengan cakra. Contoh tulang pipa : tuang betis, tulang paha, tulang hasta, tulang kering, dan tulang lengan atas.

 

b. Tulang Pipih

Tulang pipih yaitu tulang yang memiliki bentuk yang pipih. Tulang ini memilii 2 komponen yaitu tulang kompak dan tulang spons. Didalam tulang pipih ini juga terdapat sumsum merah yang berfungsi sebagai membentuk sel darh merah dan sel darah putih. Tulang pipih ini juga berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dan sebagai pelindung suatu rongga. Contoh tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang tengkorak.

 

c. Tulang Pendek

Tulang pendek yaitu tulang yang memiliki ukuran yang pendek. Bentuk tulang ini adalah berbentuk kubus. Tulang pendek memiliki sumsum yang berisi sel darah merah. Tulang ini berfungsi sebagai penahan suatu goncangan sehingga bisa seimbang. Tulang pendek ternyata memiliki sifat yang kuat. Hal ini dikarenakan adanya susunan jaringan pada tulang yang banyak. Contoh pangkal kaki, ruas tulang belakang.

 

Kelainan Pada Tulang Manusia

 

a. Lordosis

Lordosis merupakan merupakan kelainan pada tulang memiliki keadaan tulang yang maju kedepan. Lordosis memiliki tulang yang maju secara berlebihan. Kelainan ini dapat menyebabkan fatal pada tulang bagian leher dan tulang bagian punggung bawah. Lordosis bisa disebabkan sejak dia dilahirkan atau posisi dudu yang salah. Hal ini dapat menyebabkan kelainan lordosis.

BACA JUGA  Penghasil batu bara di inggris terdapat di daerah

 

b. Skoliosis

Skoliosis merupakan kelainan pada tulang memiliki keadaan tulang yang memiliki bentuk arah ke kiri atau ke kanan. Skoliosis biasanya membentuk seperti huruf S. Skoliosis juga disebabkan dari melahirkan atau pada saat posisi dukduk yang salah. Hal ini dapat menyebabkan kelainan skoliosis.

 

c. Kifosis

Kifosis merupakan  kelainan pada tulang memiliki keadaan tulang yang memiliki bentuk ke belakang. Orang yang mengalami skoliosis biasanya memiliki sikap duduk yang bungkuk. Kifosis terjadi ketika kita salah dalam posisi duduk. Hal ini dapat menyebabkan kelainan kifosis.