tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf

Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf

1.tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf
2.tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf
3.tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf

 

Jawaban

Kalimat utama sama dengan gagasan utama:

a. Paragraf 1

  • Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban.

b. Paragfraf 2

  • Contoh manfaat yang bisa diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

c. Paragraf 3

  • Manfaat yang lain bisa lebih dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara.

d. Paragraf 4

  • Pemenuhan hak yang berdasarkan atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan dan keteraturan dala kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

e. Paragraf 5

  • Untuk pemenuhan hak atas perolehan, fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum.

Pembahasan

Penjelasan dari pengertian gagasan utama atau juga disebut dengan gagasan pokok adalah sebuah ide dasar atau sebuah inti sari dari pembahasan yang tertulis di dalam sebuah paragraf tersebut. Gagasan utama tersebut menjadi gagasan dasar dari pengembangan sebuah paragraf keseluruhan bacaan tersebut.

Di dalam sebuah paragraf, maka kita bisa menemukan gagasan utama di dalam sebuah kalimat utama yang menjadi topik dari pembahasan teks secara menyeluruh.

Selanjutnya peranan dari gagasan utama yaitu untuk lebih memudahkan bagi para pembacanya dalam memahami sebuah pernyataan, terutama jika pernyataan atau pembahasan itu dirasa terlalu panjang. Dapat dikatakan bahwa gagasan utama adalah sebuah pondasi yang ada dalam sebuah kalimat atau terdapat dalam sebuah paragraf.

BACA JUGA  Mengapa Indonesia Harus Ikut Berperan di Asean