bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua

Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua

Bagaimana pergerakan meja saat di dorong sendiri dan berdua??

 

Jawaban

Saat didorong berduameja akan bergerak lebih cepat dan dapat berpindah tempat lebih jauh daripada didorong sendiri. Hal ini dapat terjadi jika kekuatan dorong tiap orang sama. Simak penjelasan berikut.

 

Pembahasan

Gaya otot adalah gaya yang dilakukan oleh otot-otot manusia yang berupa tarikan atau dorongan. Mendorong meja merupakan contoh dari gaya otot yang berupa dorongan. Gaya otot yang berupa dorongan ini disebut gaya dorong. Contoh gaya dorong lainnya adalah menendang bola dan menekan bel rumah.

Meja yang dikenai gaya dorong dapat bergerak dan berpindah tempat. Kekuatan gaya dorong mempengaruhi pergerakan meja. Jika gaya dorong lebih besar, meja dapat berpindah tempat lebih jauh dalam waktu yang sama. Meja juga dapat bergerak lebih cepat pada jarak yang sama.

Gaya dorong yang lebih besar didapatkan dari penambahan gaya atau penambahan orang. Jika setiap orang dianggap memiliki kekuatan gaya dorong yang sama, maka gaya dorong yang dilakukan oleh 2 orang dua kali lebih besar daripada gaya dorong yang dilakukan oleh 1 orang. Misalnya, 1 orang dapat memberikan gaya 40 N, maka 2 orang dapat memberikan gaya 2 × 40 = 8 N.

Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa meja yang didorong berdua akan bergerak lebih cepat daripada meja yang didorong sendiri. Meja juga dapat menempuh jarak lebih jauh saat didorong berdua.

BACA JUGA  Tuliskan tiga contoh cara menghemat listrik di sekolah