Jelaskan perkembangan komputer sebelum tahun 1940

Jelaskan perkembangan komputer sebelum tahun 1940

Sebutkan dan jelaskan perkembangan komputer sebelum tahun 1940 !

 

Jawaban pendek

Perkembangan komputer sebelum tahun 1940 ditandai dengan perkembangan komputer analog, dimulai dengan alat bantu hitung berupa sempoa/abacus, kemudian penemuan mesin analitik oleh Charles Babbage dan penemuan alat hitung analog lainya.

 

Jawaban panjang

Komputer dalam definisi luas adalah alat yang bisa membantu manusia dalam melakukan perhitungan. Alat pertama yang digunakan oleh manusia salah satunya adalah abacus atau sempoa. Penemuan ini dibuat secara terpisah di dua tempat, yaitu Romawi Kuno dan China Kuno.

 

Selanjutnya, alat bantu lain yang dikembangkan adalah astrolab, yang merupakan alat untuk membantu menghitung letak benda langit. Alat ini dibuat pertama di Yunani Kuno oleh Hyparchus. Alat ini kemudian di kembangkan oleh Ilmuwan-ilmuwan Muslim seperti Al-Biruni dan Al-Jazari.

 

Alat penghitung tembakan dikembangkan pada abad ke 19, untuk membantu menghitung arah tembakan kapal perang, karena semakin jauhnya kemampuan tembak kapal pada masa ini.

 

Namun, alat hitung pertama yang multi-fungsi dan bisa diprogram pertamakali di desain oleh Charles Babbage dan Ada Lovelace. Mereka mendesain suatu mesin yang diberi nama mesin analitik pada tahun 1833. Mesin ini bisa diprogram untuk melakukan perhitungan berbeda-beda dengan menggunakan kartu berlobang atau punch card.

 

Sistem pemrograman dengan kartu berlobang ini diinspirasi oleh penggunaan kartu berlobang untuk mengatur pola tenunan kain, yang dibuat oleh ilmuwan Perancis, Joseph-Marie Jacquard pada tahun 1801. Dengan mengganti kartu berlobang pada mesin ini, dapat dirubah pola kain tenun.

BACA JUGA  Sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan di lingkungan keluarga