jelaskan teknik pembuatan patung dari bahan kayu

Jelaskan teknik pembuatan patung dari bahan kayu

Jelaskan teknik pembuatan patung Dari bahan kayu​

 

Jawaban

Teknik pembuatan patung yang digunakan untuk bahan dari kayu adalah teknik PAHAT. Dengan teknik ini, bahan berupa kayu akan dibentuk sedemikian rupa dengan mengurangi bahannya memakai dua alat utama yakni palu dan pahatan.

Pembahasan

Patung dalam konteks seni rupa dikategorikan sebagai karya seni tri matra atau seni rupa tiga dimensi. Alasannya sebab patung mempunyai 3 unsur pengukuran yakni volume atau tinggi, panjang dan juga lebar. Sebagai karya rupa tiga dimensi maka patung bisa dinikmati dari semua arah, tak hanya dari depan seperti karya seni rupa dua dimensi atau dwimatra. Patung diciptakan seniman dengan cara membentuk bahan-bahan patung yang bervolume menggunakan cara substraktif dan aditif. Cara substraktif maksudnya bahwa bahan-bahan pembuatan patung akan dikurangi bahannya untuk mencapai bentuk yang diinginkan dengan beragam cara contohnya dipotong, dipahat, dicukil. Adapun cara aditif dilakukan dengan menambahkan bahan-bahan lainnya yang ditempuh menggunakan teknik tertentu seperti teknik cor atau teknik cetak.

Bahan-bahan pembuatan patung dikelompokkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan konsistensinya, yakni:

  1. Bahan lunak, adalah bahan bervolume atau bahan bermassa yang dipakai membuat patung. Bahan-bahan ini memiliki karakter lunak sehingga mudah dibentuk, contohnya clay, tanah liat, lilin, sabun dan lain-lain.
  2. Bahan sedang, adalah bahan yang bervolume dan digunakan membuat patung. Karakter bahan ini adalah tak lunak namun juga tidak keras. Contoh bahan sedang ini adalah kayu jenis tertentu yang tak terlampau keras seperti randu dan waru.
  3. Bahan keras, adalah bahan yang sangat keras seperti batu atau kayu jenis tertentu (jati, ulin) sehingga pembuatannya harus menggunakan tenaga extra.
  4. Bahan cor, adalah jenis bahan pembuatan patung yang konsistensinya cair atau berupa serbuk yang dengan teknik tertentu bisa berubah jadi padat. Contoh bahan ini adalah lelehan emas, semen, lelehan timah, resin, fiber dan banyak lagi lainnya.
BACA JUGA  penetapan standar dari kualitas suatu produk ditetapkan oleh produsen dengan mempertimbangkan....

Teknik pembuatan patung bergantung pada jenis bahannya. Adapun teknik-teknik yang dimaksud adalah:

  1. Teknik pahat
  2. Teknik butsir
  3. Teknik konstruksi
  4. Teknik las
  5. Teknik cor
  6. Teknik cetak