Bagaimana menurut pendapatmu apabila ada teman yang berkata kotor

Bagaimana menurut pendapatmu apabila ada teman yang berkata kotor

Bagaimana menurut pendapat kalian apabila ada teman yang berkata kotor?

 

Jawaban

Menasihatinya dengan cara yang baik agar tidak mengulanginya lagi.

 

Penjelasan

Pengertian Santun

Santun merupakan akhlak terpuji yang sering disandingkan dengan kata sopan menjadi sopan santun. Sopan dan santun merupakan dua hal berbeda dengan makna berbeda. Sopan memiliki makna hormat menurut peraturan atau adat yang baik sedangkan santun memiliki makna orang yang memiliki budi baik, halus, suka menolong, dan belas kasihan terhadap orang lain. Santun juga meliputi perkataan yang lemah lembut diikuti dengan tingkah laku yang baik dan halus. Dalam sehari-hari sikap santun diperlukan oleh setiap muslim agar tidak menyakiti orang lain. Santun mencakup dua hal yaitu santun dalam ucapan dan santun dalam perbuatan. Orang yang santun berarti orang yang mempunyai perkataan lemah-lembut dan tindakan yang baik dan halus. Nabi Muhammad SAW. memberikan teladan kepada umatnya untuk selalu bersikap santun dalam setiap tindakannya sehingga tidak merugikan orang lain dan disenangi orang lain. Oleh karena itu, kita sebagai seorang muslim harus menjadi orang yang santun sesuai dengan teladan yang diberikan oleh nabi Muhammad SAW.

Manfaat Sikap Santun

Orang yang bersikap santun akan memberikan beberapa manfaat baik untuk dirinya maupun untuk orang lain. Berikut merupakan beberapa manfaat sifat santun.

  • Orang yang santun akan dipercaya oleh orang lain.
  • Orang yang santun akan mudah mendapatkan teman.
  • Orang yang santun akan disukai oleh orang lain.
  • Orang yang santun akan memunculkan sifat optimis dan berani.
  • Orang yang santun akan mudah mendapat kesuksesan.

Pembahasan

Berkata baik merupakan tutur kata yang lebih sopan dan bermanfaat tanpa menyinggung pihak lain.

Apabila kita mendapati teman kita berkata kotor hendaknya kita menasihatinya dengan nasihat yang baik agar tidak menimbulkan sakit hati atau yang lainnya.

Hadist tentang berkata yang baik :

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam” HR. bukhori dan muslim.

BACA JUGA  Penemuan bibit unggul pada hewan dan tumbuhan dilakukan melalui proses

 

Apa manfaat berkata yang baik?

  • Disukai oleh banyak orang.
  • Mudah mendapatkan bantuan dari orang lain.
  • Disegani, dihormati, dan dipercaya siapapun.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan soal maka orang yang berkata kotor bukan merupakan orang yang santun karena perkataan yang diberikan tidak halus dan baik. Menurut saya orang yang berkata kotor akan tidak disukai oleh orang lain, tidak dipercaya orang lain, dan susah mendapatkan teman.