Mengapa tata rias dan busana diperlukan dalam pementasan tari

Mengapa tata rias dan busana diperlukan dalam pementasan tari

1. mengapa tata rias dan busana diperlukan dalam pementasan tari ?
2. sebutkan unsur-unsur pendukung pada tari !

 

Jawaban

1. Alasan tata rias dan busana diperlukan dalam pementasan tari supaya dapat  menjadi identitas karakter yang dibawakan oleh penari. Dengan tata rias dan busana yang digunakan penari maka mendukung terciptanya suasana tarian dan menyampaikan karakter serta pesan secara tersirat.

2. Unsur-unsur pendukung pada tari antara lain:

  1. Tata rias dan kostum atau busana
  2. Pola lantai
  3. Properti yang digunakan

Pembahasan

Tata rias sendiri berkaitan dengan riasan para penari supaya mendukung karakter yang sedang diperankan. Tata busana ini berkaitan dengan busana atau kostum penari supaya dapat menonjoIkan karakter yang sedang diperankan penari tersebut.

Unsur-unsur pendukung pada tari sendiri seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Dan untuk unsur utama tari sendiri yakni ada:

  • Gerak, jadi unsur gerak tari ini terjadi karena adanya suatu tenaga. Dalam unsur utama tari gerak sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu gerak nyata (representasional) dan gerak maknawi.
  • Ruang, ruang ini digunakan untuk menjadi tempat bergerak, bisa berupa panggung atau pentas yang dijadikan tempat untuk menari baik panggung tertutup maupun panggung terbuka.
  • Waktu, waktu yang diperIukan oIeh penari daIam meIakukan gerak yang sangat tergantung dari cepat dan Iambatnya (tempo) penari ketika meIakukan gerak, panjang pendeknya ketukan (ritme) daIam meIakukan gerak, dan Iamanya (durasi) penari daIam meIakukan gerak.

Untuk usur lain dalam tari adalah:

  1. Wiraga
  2. Wirama
  3. Wirasa
BACA JUGA  Sebutkan prinsip prinsip pertahanan daerah dalam permainan sepak bola