Ikan ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena

Ikan ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena

Mengapa mulut ikan selalu membuka dan menutup

 

Jawaban pendek

Mulut ikan selalu membuka dan menutup karena ikan sedang bernafas, dengan memasukkan air ke dalam insang agar oksigen di air bisa disaring dan diedarkan ke seluruh tubuh ikan.

 

Jawaban panjang

Ikan membuka dan menutup mulutnya untuk memasukkan air ke dalam tubuhnya. Di dalam tubuh ikan, air akan dibawa ke insang. Insang ikan adalah organ pernafasan yang terdapat di antara kepala dan badan ikan.

 

Insang adalah organ berbentuk lapisan yang berbuku-buku. Insang memiliki banyak lipatan yang dialiri oleh pembuluh darah. Pembuluh darah ini bercabang menjadi kecil. Banuyaknya pembuluh darah membuat warna insang pada ikan menjadi berwarna kemerahan.

 

Oleh insang air akan disaring untuk mendapatkan oksigen. Oksigen yang disaring insang akan masuk ke pembuluh darah di insang dan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh ikan.

 

Oleh sel di tubuh ikan, oksigen ini digunakan untuk untuk melakukan respirasi aerobik untuk melakukan metabolisme. Metabolisme ini menghasilkan energi untuk ikan.

 

Ikan harus terus menerus memasukkan air ke dalam tubuhnya, agar insang bisa terus-menerus pula menyaring air untuk mendapatkan oksigen. Karena itu ikan akan terus membuka dan menutup mulutnya agar air bisa terus masuk.

 

Hewan air selain ikan ada yang menggunakan insang, seperti udang, ada pula yang menggunakan paru-paru seperti paus.

BACA JUGA  Dalam bahasa jepang ppki disebut