Teknik melakukan lari cepat menempuh jarak 100 m adalah

Teknik melakukan lari cepat menempuh jarak 100 m adalah

Teknik melakukan lari cepat menempuh jarak 100 m adalah…….?

A. Langkah lebar
B. Badan tegak
C. Siku membentuk sudut 45 derajat
D. Langkah cepat, pendek, dan rendah
E. Langkah kaki lebar tinggi​

 

Jawaban

Dalam melakukan lari cepat jarak 100 m dapat dilakukan dengan teknik langkah lebar, cepat dan mengatur ayunan tangan. Jadi jawabannya adalah E. Langkah kaki lebar tinggi.

 

Pembahasan

Lari cepat atau yang disebut juga dengan lari jarak pendek merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan menempuh jarak 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Orang yang melakukan lari jarak pendek disebut dengan sprinter. Nomor lari ini dapat diikuti oleh atlet putra maupun putri. Lari cepat bertujuan untuk menghasilkan dorongan badan ke depan guna memaksimalkan kecepatan horizontal. Terdapat tiga tahap penting dalam lari jarak pendek yaitu awalan (start), teknik berlari dan saat mencapai garis akhir (finish).

Saat melakukan lari cepat awalan atau start kita harus dalam posisi yang tepat. Terdapat 3 teknik start yaitu start jongkok (crouching start), start melayang (flying start) dan start berdiri (standing start). Posisi kaki saat melakukan lari cepat harus dengan teknik melangkah yang lebar dan cepat. Kita juga harus tetap mengatur ayunan tangan agar seimbang.

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan bahwa teknik melakukan lari cepat menempuh jarak 100 m ialah Langkah kaki lebar tinggi.

BACA JUGA  Pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisien berarti