mengapa al quran menganjurkan musyawarah secara kolektif jelaskan

Mengapa al quran menganjurkan musyawarah secara kolektif jelaskan

Mengapa al-Qur’an menganjurkan musyawarah secara kolektif? Jelaskan!​

 

Jawaban

Al-Qur’an merupakan salah satu kitab suci yang Allah SWT turunkan kepada nabi Muhammad SAW yang dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman umat Islam. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa Al-Qur’an menganjurkan musyawarah secara kolektif agar suatu permasalahan bisa diselesaikan dengan keputusan yang tepat, memperoleh kesepakatan bersama, dapat menyatukan segala macam perbedaan, dan menjalankan salah satu perintah Allah SWT. Musyawarah akan menghindarkan dari sifat semena- mena dan sombong, sehingga  bisa melatih kita agar lebih sabar.

 

Pembahasan

Umat Islam yang ada di dunia ini harus selalu berpedoman kepada Al-Qur’an. Kita harus selalu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Beriman adalah mempercayai segala sesuatu dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur’an merupakan salah satu kitab suci yang Allah SWT turunkan kepada nabi Muhammad SAW yang dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman umat Islam. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa Al-Qur’an menganjurkan musyawarah secara kolektif agar suatu permasalahan bisa diselesaikan dengan keputusan yang tepat, memperoleh kesepakatan bersama, dapat menyatukan segala macam perbedaan, dan menjalankan salah satu perintah Allah SWT. Musyawarah akan menghindarkan dari sifat semena- mena dan sombong, sehingga  bisa melatih kita agar lebih sabar.

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan bahwa Al-Qur’an menganjurkan musyawarah secara kolektif agar suatu permasalahan bisa diselesaikan dengan keputusan yang tepat, memperoleh kesepakatan bersama, dapat menyatukan segala macam perbedaan, dan menjalankan salah satu perintah Allah SWT.

BACA JUGA  Poster yang berukuran besar dipasang pada