Gerak tangkisan tidak dapat dilakukan menggunakan

Gerak tangkisan tidak dapat dilakukan menggunakan

3 jenis cara melakukan tangkisan dalam pencak silat

 

Jawaban

Dalam pencak silat terdapat beberapa teknik tangkisan, yakni.

  1. Tangkisan dalam
  2. Tangkisan luar
  3. Tangkisan atas

Pembahasan

Pencak silat adalah seni bela diri yang berasal dari Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, pencak silat kini sudah menjadi cabang olahraga yang banyak digemari dan dilakukan di berbagai negara. Dalam pencak silat, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, salah satunya adalah teknik tangkisan.

Teknik tangkisan dalam pencak silat berfungsi untuk menangkis atau menghalau serangan lawan. Dalam pencak silat, teknik tangkisan terdiri dari beberapa macam, yakni.

  • Tangkisan dalam. Tangkisan dalam dilakukan dengan membuka kedua kaki lebar dengan kedua lutut sedikit di tekuk. Kemudian salah satu tangan di silangkan di depan dada. Sedangkan tangan lainnya di silingkan di bagian luar denggan telapak tangan mengepal.
  • Tangkisan luar. Tangkisan luar dilakukan dengan menggunakan kuda-kuda tengah. Kemudian salah satu tangan disilangkan di depan dada. Sedangkan tangan lainya di tarik kea rah luar dengan siku ditekuk 90  derajat dan sejajar dengan bahu.
  • Tangkisan atas. Tangkisan atas dilakukan dengan menggunakan kuda-kuda depan. Kemidian salah satu tangan disilangkan di depan badan. Sedangkan tangan satunya ditekuk hingga telapak tangan berada di depan dahi.
  • Tangkisan bawah. Tangkisan bawah dilakukan dengan menggunakan kuda-kuda tengan. Kemudian salah satu tangan disilangkan di depan dada. Kemudian tangan satunya diluruskan ke bawah.

 

BACA JUGA  Terbinanya persatuan bangsa indonesia sebelum tahun 1908 karena adanya