CIRI CIRI TANAMAN KANGKUNG

Ciri ciri tanaman kangkung

Ciri ciri tanaman kangkung

 

Jawaban

Ciri ciri tanaman kangkung:

  1. Hidup di air atau tempat lembab
  2. Batangnya berrongga untuk dapat mengapung di air
  3. Termasuk tanaman dikotil, dengan akar tunggang
  4. Panjang 2-3 meter
  5. Bunga berbentuk terompet dengan warna putih

 

Pembahasan

Kangkung (nama ilmiah: Ipomoea aquatica) adalah tanaman yang banyak hidup di permukaan air. Tanaman ini digunakan daunnya sebagai sumber makanan.

Kangkung tumbuh di air atau di tanah lembab. Batangnya dapat mencapai 2–3 meter atau lebih, dan batang berongga agar kangkung bisa mengapung di air. Daun kangkung berbentuk kepala panah, dengan panjang 5–15 cm dan lebar 2-8 cm. Bunga kangkung berbentuk terompet, berdiameter 3-5 cm, dan biasanya berwarna putih dengan bagian tengah berwarna lembayung muda.

Akar kangkung memiliki bentuk akar tunggang, sebagaimana tanaman dikotil pada umumnya.

Akar tunggang memiliki akar utama yang berbentuk besar, terbesar pada bagian di dekat permukaan tanah lalu mengerucut ke bagian bawah di dalam tanah. Akar tunggang akan membentuk percabangan akar yang lebih kecil, ke arah samping.

Akar kangkung memiliki banyak percabangan kecil ke arah samping, sehingga nampak seperti akar serabut. Namun, sebenarnya akar kangkung termasuk jenis akar tunggang.

Akar utama dari tunggang akan terus tumbuh ke bawah memanjang dan akan terus membentuk akar kecil ke arah samping.

Pembuluh kapiler xylem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis) di akar tunggang tersusun seperti pada batang tanaman dikotil, yaitu membentuk cincin yang terletak di bagian dalam.

Diantara xylem dan floem terdapat kambium. Adanya kambium memungkinkan pertumbuhan sekunder berupa percabangan akar utama ini.

BACA JUGA  Berikut yang bukan merupakan prinsip dasar dalam pembuatan poster adalah