Bagaimanakah cara buah belimbing melindungi diri

Bagaimanakah cara buah belimbing melindungi diri

Bagaimanakah cara buah belimbing melindungi diri?

 

Jawaban

Cara buah belimbing melindungi diri adalah dengan membuat rasa pahit dan sepat pada buah saat buah masih muda dan saat buah sudah tua sekalipun masih tersisa rasa sepat tersebut sudut luar geligirnya. Rasa pahit dan sepat ini akan membuat pemangsa tidak memakan buah belimbing.

 

Pembahasan

Tumbuhan melindungi diri dari pemangsa dengan beberapa cara misalnya:

  1. Daun pembungkus buah pada buah ciplukan.
  2. Kulit yang tebal pada buah kelapa.
  3. Rambut pada buah rambutan.
  4. Getah pada buah nangka.
  5. Rasa pahit pada daun pepaya.
  6. Rasa pedas pada buah cabai.
  7. Duri pada kaktus, bunga mawar dan bougenfil.

Berbagai cara melindungi diri tersebut merupakan bentuk adaptasi baik adaptasi morfologi maupun adaptasi fisiologi maupun adaptasi tingkah laku.

Cara melindungi diri tersebut dapat menjadi ciri khas bagi masing masing tumbuhan. Ciri khas tersebut tidak hanya bertujuan untuk melindungi diri dari pemangsa namun juga untuk bertahan hidup di lingkungannya.

 

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan bahwa buah belimbing melindungi diri dengan cara membuat rasa pahit dan sepat pada buah saat buah masih muda dan saat buah sudah tua sekalipun masih tersisa rasa sepat tersebut sudut luar geligirnya. Ciri khas tersebut tidak hanya bertujuan untuk melindungi diri dari pemangsa namun juga untuk bertahan hidup di lingkungannya.

BACA JUGA  Jelaskan langkah langkah metode perakitan barang dan jasa​