berikut merupakan unsur intrinsik novel kecuali

Berikut merupakan unsur intrinsik novel kecuali

Berikut merupakan unsur intrinsik novel, kecuali…

a. tema
b. alur
c. setting
d. agama
e. sudut pandang

 

Jawaban

Hal bukan termasuk ke dalam unsur instrinsik novel adalah agama.

 

Pembahasan

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur pembangun yang berasal dari dalam cerita itu sendiri. Unsur-unsur novel terdiri dari:

1. Tema

  • Tema adalah ide yang menjadi dasar dari sebuah cerita atau bisa juga dikatakan sebagai tujuan cerita.

2. Latar / Setting

  • Latar mengacu pada waktu (kapan cerita tersebut terjadi), tempat (dimana cerita tersebut terjadi), dan suasana (bagaimana suasana dalam cerita tersebut).

3. Alur

  • Alur adalah jalan sebuah cerita. Alur terdiri dari tiga jenis, yaitu alur maju, mundur, dan campuran (maju dan mundur). Alur dalam novel biasanya terbagi menjadi beberapa tahapan seperti perkenalan (prolog), penanjakan, klimaks, anti klimaks, dan penyelesaian.

4. Tokoh dan Penokohan

  • Tokoh adalah karakter-karakter yang terdapat pada sebuah cerita. Sedangkan penokohan adalah watak atau sifat yang dimiliki oleh para tokoh cerita, seperti contohnya berwatak baik, jahat, licik, dan sebagainya. Penokohan bisa digambarkan melalui ucapan antar tokoh, pemikiran tokoh, atau dideskripsikan oleh penulisnya langsung.

5. Sudut Pandang

  • Sudut pandang adalah arah pandang penulis dalam membuat cerita dan cara penulis menyajikan sebuah cerita. Sudut pandang terdiri dari sudut pandang orang pertama, kedua, dan ketiga.

6. Gaya Bahasa

  • Gaya bahasa adalah ciri khas penulis dalam menuliskan ceritanya. Gaya bahasa bisa dibedakan dari penggunaan diksi yang dipilih dalam cerita, majas yang digunakan, ataupun pemilihan kalimatnya.

7. Amanat

  • Amanat adalah pesan atau yang disampaikan penulis melalui ceritanya dan dapat dipetik oleh pembaca.
BACA JUGA  Saat hijrah ke madinah usman bin affan dipersaudarakan dengan