Berikut yang bukan ciri-ciri pithecanthropus robustus adalah

Berikut yang bukan ciri-ciri pithecanthropus robustus adalah

Berikut yang bukan ciri-ciri Pithecanthropus robustus adalah

A. Volume otaknya diperkirakan sekitar 900 cc
B. Tulang pipi tebal
C. Berbadan tegap dan tidak mempunyai dagu
D. Diperkirakan hidup sekitar 21/2 – 1,4 juta tahun yang lalu
E.Mukanya mempunyai tonjolan kening yang tebal dan tulaang pipi yang kuat Diperkirakan hidup sekitar 21/2 – 1,4 juta tahun yang lalu

 

Jawaban

Ciri-ciri Pithecanthropus Robustus yakni:

  1. Volume otaknya diperkirakan sekitar 900 cc
  2. Berbadan tegap dan tidak mempunyai dagu
  3. Diperkirakan hidup sekitar 21/2 – 1,4 juta tahun yang lalu
  4. Mukanya mempunyai tonjolan kening yang tebal dan tulaang pipi yang kuat

Yang bukan ciri-ciri Pithecanthropus Robustus adalah memiliki tulang pipi tebal, karena manusia purba yang memiliki ciri tersebut adalah Meganthropus Paleojavanicus.

 

Penjelasan

Pithecanthropus Robustus merupakan salah satu jenis manusia purba yang hidup pada zaman prasaksara di Indonesia. Pithecanthropus Robustus diambil dari kata pitheciane yang berarti kera, anthropos berarti manusia, dan robustus berarti kuat. Secara bahasa,  Pithecanthropus Robustus diartikan manusia kera yang berukuran besar dan memiliki tubuh yang sangat kuat. Pithecanthropus Robustus dapat diartikan sebagai manusia kera yang sangat kuat.

Jenis manusia purba ini mulanya menempati daerah Mojokerto. Penemuan fosil di daerah ini menjadikan Pithecanthropus Robustus juga dijuluki sebagai Pithecanthropus Mojokertensis karena disesuaikan dengan tempat ditemukannya. Pasalnya, manusia purba ini diperkirakan telah hidup pada masa sekitar dua perempat juta tahun yang lalu sampai satu setengah juta tahun yang lalu.

Fosil manusia purba Pithecanthropus Robustus ditemukan pada tahun 1936 di daerah Kepuh, Klagen tepatnya di daerah Mojokerto. Fosil manusia purba jenis ini ditemukan oleh seorang pekerja di bawah pimpinan para ahli purbakala Dufyjes bernama Tjokrohandoro. Ia menemukan fosill tengkorak anak-anak di daerah tersebut. Temuan fosil ini disebutkan sebagai fosil manusia purba tertua diantara jenis manusia purba Pithecanthropus lainnya.

Jenis manusia purba Pithecanthropus pada umumnya memiliki ciri rahang bawah kuat, tulang pipi tebal, kening menonjol, tulang belakang menonjol dan tajam, tidak berdagu, memakan tumbuh-tumbuhan, badan tegap, dan mempunyai perlekatan otot tengkuk yang besar dan kuat.

BACA JUGA  Apa Saja Dampak Positif dan Negatif Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Pendidikan Indonesia di Era Digital Ini

Ciri utama dari bentuk fisik yang paling mencolok dari Pithecanthropus Robustus yakni:

  1. Memiliki postur badan yang tegap, tetapi berbeda dengan jenis manusia purba Meganthropus.
  2. Tinggi badan antara 165–180 cm.
  3. Memiliki gigi geraham dan tulang rahang yang kuat.
  4. Memiliki bagian kening yang menonjol.
  5. Tidak mempunyai dagu.
  6. Volume otak manusia purba Pithecanthropus Robustus belum sempurna, yaitu sekitar 750–1.300 cc.
  7. Tulang pada bagian atap tengkorak berbentuk lonjong dan berstruktur tebal.
  8. Memiliki alat pengunyah dan sudah mulai memiliki otot tengkuk yang kecil.