Pada tumbuhan pembelahan reduksi terjadi pada

Pada tumbuhan pembelahan reduksi terjadi pada

Pada tumbuhan pembelahan reduksi terjadi pada . . . .

a. lingkaran kambium
b. jaringan meristem
c. pucuk batang
d. alat perkembangbiakan
e. ujung akar

 

Jawaban

Pada tumbuhan pembelahan reduksi terjadi pada Alat Perkembangbiakan (D).

 

Pembahasan

Makhluk hidup memiliki suatu karakteristik tersendiri, semua makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernafas, membutuhkan makan dan membutuhkan suatu proses yang dapat mengatur perkembangbiakan. Baik manusia, hewan dan tumbuhan memiliki sistem masing – masing dalam mengelola proses metabolisme tubuh. Makhluk hidup dapat berkembangbiak. Namun antara manusia, hewan dan tumbuhan perkembangbiakannya berbeda – beda.

Pada pembahasan soal diatas tumbuhan memiliki suatu sel yang menunjang dalam proses kehidupan suatu tumbuhan. Pembelahan reduksi atau biasa disebut dengan pembelahan meiosis. Pengertian dari pembelahan meiosis pada tumbuhan adalah proses terjadinya pembelahan sel, hal ini terjadi pada sel – sel kelamin dari suatu organisme yang melakukan proses reproduksi melalui cara generatif atau dengan cara seksual.Tempat terjadinya pembelahan reduksi pada tumbuhan adalah pada alat perkembangbiakan, karena pembalahan meiosis mengurangi jumlah kromosom yang dalam prosesnya dari 2n menjadi n. Tepatnya berlangsung pada gametosit. Pembelahan ini terjadi di kelenjar kelamin seperti testes atau ovarium. Maka dari itu, pembelahan reduksi terjadi pada alat perkembangbiakan.

 

Kesimpulan

Bisa kita simpulkan penjelasan di atas bahwa Pada tumbuhan pembelahan reduksi terjadi pada Alat Perkembangbiakan. Pembelahan reduksi atau biasa disebut dengan pembelahan meiosis.

BACA JUGA  Tuliskan persiapan persiapan untuk tari yang memperhatikan pola lantai