Apakah kamu sendiri tergugah setelah membaca pidato severn suzuki
Mengapa malaikat selalu taat kepada allah subhanahu wa ta ala

Mengapa malaikat selalu taat kepada allah subhanahu wa ta ala

Mengapa malaikat selalu taat Allah Swt.?

 

Jawaban

Malaikat adalah Mahluk Allah yang paling ta’at, yang ciptakan Allah dari Nur, tidak mempunyai syahwat (nafsu).

Beriman kepada Malaikat termasuk salah satu dari Rukun Iman, tepatnya Rukun Iman yang nomor 2.

 

Pembahasan

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya (nur). Malaikat termasuk makhluk ghaib. Iman/percaya kepada malaikat adalah rukun iman, maka dari itu umat muslim wajib mempercayai keberadaan malaikat.

Malaikat memiliki sifat-sifat sebagaimana dijelaskan dalam dalil yang ada, berikut adalah sifat-sifat malaikat:

1. Tidak memiliki nafsu

Malaikat diciptakan Allah tanpa nafsu. Jadi, malaikat tidak perlu makan dan minum seperti manusia. Malaikat juga tidak memiliki rasa angkuh dan nafsu-nafsu lainnya.

Bukti bahwa malaikat tidak memiliki nafsu terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-anbiya وَلَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَمَنْ عِنْدَهٗ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَلَا يَسْتَحْسِرُوْنَ ۚ

Artinya: “Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih.”

2. Selalu taat kepada Allah.

Karna malaikat diciptakan tidak memiliki nafsu, maka Malaikat selalu taat terhadap apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Tidak ada malaikat yang lalai atau tidak mengerjakan perintah Allah. Oleh karenanya malaikat disebut makhluk yang maksum. Bukti bahwa malaikat selalu mentaati perintah Allah terdapat dalam Al-Qur’an surat

At-Thahrim ayat 6

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

3. Tidak Berjenis Kelamin

Tidak seperti manusia, jin dan setan, para malaikat tidak berjenis kelamin.

Bukti bahwa malaikat tidak berjenis kelamin terdapat dalam Surat Al An’am ayat 9.

وَلَوْ جَعَلْنٰهُ مَلَكًا لَّجَعَلْنٰهُ رَجُلًا وَّلَلَبَسْنَا عَلَيْهِمْ مَّا يَلْبِسُوْنَ

Dan kalau Kami jadikan rasul itu (dari) malaikat, tentulah Kami jadikan dia berupa laki-laki dan (jika Kami jadikan dia berupa laki-laki), Kami pun akan jadikan mereka tetap ragu sebagaimana kini mereka ragu.

BACA JUGA  Nama senyawa ch3ch ch3 c ch3 3 adalah

4. Takut dan selalu mematuhi perintah Allah

Malaikat sangat takut jika tidak bergegas menjalankan tugas dan perintah Allah SWT. Mereka pun selalui mematuhi apa yang telah ditugaskan sebagai makhluk. Sebagaimana

Firman Allah SWT:

يَخَافُوْنَ رَبَّهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya: “Mereka takut kepada Rabb mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)”.

Kesimpulan

Bedasarkan soal di atas bisa kita simpulkan, mengapa malaikat selalu taat Allah Swt, karena malaikat diciptakan tidak memiliki nafsu.