Tuliskan tiga contoh tari daerah beserta musik pengiringnya

Tuliskan tiga contoh tari daerah beserta musik pengiringnya

5. Tuliskan tiga contoh tari daerah beserta musik pengiringnya!​

 

Jawaban

  1. Tari Saman ditampilkan menggunakan alat musik gendang dan suara tepukan tangan dari penarinya.
  2. Tari Tor-tor ditampilkan menggunakan iringan alat musik gordang sambilan.
  3. Tari Piring ditampilkan menggunakan iringan alat musik talempong dan saluang.

 

Pembahasan

Tari tradisional atau tari daerah merupakan sebuah tarian yang berasal dari masyarakat suatu daerah yang sudah turun-temurun dan telah mejadi budaya masyarakat setempat. Selain berfungsi sebagai hiburan serta sarana komunikasi, tari daerah juga berfungsi sebagai upacara ritual adat, penobatan, kematian dan acara penting lainnya. Tari tradisional atau tari daerah sendiri dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Tari klasik
  2. Tari rakyat atau folklasik
  3. Tari kreasi baru

Tari daerah memiliki ciri-ciri umum seperti, menggunakan pakaian khas, menggunakan iringan musik tradisional, pola gerakannya khas dan pakem, mengandung filosofi khas daerah dan memiliki aturan khusus dalam penyelenggaraan tari tersebut. Adapun tari daerah yang populer, seperti:

  • Tari Saman asal Aceh

Tari saman merupakan tari daerah yang berasal dari NAD (Nanggroe Aceh Darusalam). Selain suara tepukan tangan dari penarinya, tari saman biasanya ditampilkan menggunakan iringan alat musik gendang.

  • Tari Tor-tor asal Tapanuli Utara

Tari tor-tor merupakan tari daerah yang berasal dari daerah Tapanuli Utara. Tari tor-tor biasanya ditampilkan menggunakan iringan alat musik gordang sambilan.

  • Tari Piring asal Minangkabau

Tari piring merupakan tari daerah yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Tari piring biasanya ditampilkan menggunakan iringan alat musik talempong dan saluang.

BACA JUGA  Sebutkan peran masyarakat dalam menjaga ketersediaan sumber energi