teks berita diatas dimulai dengan unsur berita

Teks berita diatas dimulai dengan unsur berita

Teks berita diatas dimulai dengan unsur

a.siapa

b.apa

c.siapa

d.bagaimana

 

Jawaban

Dalam penulisan teks berita dikenal suatu konsep yang dinamai dengan ADIKSIMBA. Konsep ADIKSIMBA tersebut merupakan akronim, yaitu:

  • Apa, merujuk pada identitas atau penamaan dari suatu peristiwa.
  • Di mana, merujuk pada tempat kejadian peristiwa yang dimaksud.
  • Kapan, merujuk pada waktu terjadinya peristiwa.
  • Siapa, merujuk pada berbagai pihak yang terlibat dalam peristiwa tersebut.
  • Mengapa, merujuk pada alasan dibalik terjadinya suatu peristiwa.
  • Bagaimana, merujuk pada uraian proses terjadinya suatu peristiwa.

Konsep ADIKSIMBA dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan 5W1H (what, who, where, when, why, dan how). Konsep tersebut juga merupakan unsur-unsur penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan teks berita. Dengan menerapkan konsep atau unsur tersebut secara sistematis akan membawa kita pada suatu fakta yang layak dijadikan berita. Selain itu, konsep tersebut juga mampu mempermudah kita dalam proses penulisan berita yang bersifat sistematis.

Jadi, teks berita dimulai dengan unsur b. apa.

 

Pembahasan

Menurut kusumaningrat, berita diartikan sebagai informasi aktual mengenai berbagai fakta dan opini yang menarik perhatian masyarakat. Penulisan berita tidak hanya memerhatikan sifatnya yang menarik saja, tetapi juga perlu memerhatikan kenyataan atau fakta yang sebenarnya terjadi di lapangan.

Dalam penulisan teks berita dikenal suatu konsep yang diberi nama ADIKSIMBA yang merupakan akronim dari Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana. Sementara dalam bahasa Inggris, konsep ADIKSIMBA tersebut dikenal dengan istilah 5W1H.

Dalam penulisan teks berita, konsep ADIKSIMBA tersebut tidak hanya sebuah konsep yang tanpa makna, justru menjadi unsur yang perlu untuk diperhatikan. Konsep tersebut memiliki fungsi untuk membantu penulis berita atau jurnalis untuk menggali informasi dan menyusun berita sehingga bersifat sistematis serta tidak meninggalkan untuk penting yang perlu disampaikan kepada masyarakat.

Setiap unsur dalam konsep ADIKSIMBA memiliki sifat yang sama pentingnya. Karena itu, tidak boleh ada satu unsur dari konsep ADIKSIMBA tersebut yang dapat dilewatkan. Jika terdapat satu saja unsur dalam konsep tersebut yang dilewatkan, maka teks berita tersebut menjadi tidak akurat dan tidak lengkap serta tidak layak untuk dipublikasikan kepada masyarakat.