Photo Via Shutterstock by: Kindlena

Danau suprior, ontario,huron ialah danau yang terdapat di benua

Danau Superior, Ontario, Huron ialah danau yang terdapat di benua Amerika bagian Utara.

 

Pembahasan

Benua Amerika

 

  • Letak dan Luas

Amerika adalah benua terbesar kedua di dunia, luasnya mencapai 42.057.100 km² dengan letak astronomisnya di 83° LU – 55° LS dan 170° BB – 35° BT. Adapus batas-batas benua Amerika adalah :

1. Samudera Arktik di utara

2. Samudera Pasifik di barat

3. Benua Antartika di selatan

4. Samudera Atlantik di timur

 

  • Kawasan dan Negara

1. Amerika Utara, meliputi negara Kanada dan Amerika Serikat.

2. Amerika Tengah, meliputi negara Belize, Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua, dan Panama. Di Amerika Tengah terdapat Kepulauan Karibia yang meliputi negara Bahama, Barbados, Dominika, Grenada, Antigua dan Barbuda, Guadalupe, Haiti, Jamaika, Kuba, Republik Dominika, Martinique, Antilen Belanda, Puerto Rico, St. Kitt Nevis, St. Lucia, St. Vincent, serta Trinidad dan Tobago.

3. Amerika Selatan, meliputi negara Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Kolombia, Ekuador, Guyana Prancis, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, dan Venezuela.

 

  • Kondisi Alam

1. Pegunungan di bagian barat membujur dari utara ke selatan, yaitu Alaska ini terdapat Great Basin, Grand Canyon, dan serangkaian plato. Puncak tertingginya terletak di Argentina, yaitu Gunung Aconcagua (6.959 m).

2. Dataran rendah di sebelah timur jalur pegunungan merupakan sampai Pulau Tierra del Fuego di selatan. Di wilayah DAS dan dataran rendah danau.

3. Dataran tinggi di sebelah timur terdapat Dataran Tinggi Labrador dan Perisai Kanada, Pegunungan Appalachia, Dataran Tinggi Guyana dan Dataran Tinggi Brasil.

 

  • Tata Air

Sungai-sungai besar di Benua Amerika antara lain adalah Sungai Amazon (6.992 km) di Amerika Selatan, Sungai Missouri (3.767 km) di Amerika Utara, Sungai Mississippi (3.734 km) di Amerika Utara, Sungai Yukon (3.185 km) di Amerika Utara, dan Sungai Parana (3.032 km) di Amerika Selatan. Danau-danau besar di Benua Amerika antara lain adalah Danau Superior (82.100 km²), Danau Huron (59.600 km²), Danau Michigan (58.000 km²), Danau Great Bear (31.000 km²), Danau Ontario (18.960 km²), dan Danau Titicaca (8.372 km²) yang semuanya berada di Amerika Utara.

BACA JUGA  Tari baris gede menggunakan pola lantai

 

 

Detail Jawaban

 

✎Kelas : 9 SMP

✎Mata Pelajaran : IPS

✎BAB : 10 — Benua dan Samudera

✎Kode : 9.10.10

✎Kata Kunci : Amerika, benua, danau