Photo Via Shutterstock by: Kindlena

Jelaskan bagaimana terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari?

Gerhana bulan terjadi saat posisi bumi berada diantara bulan dan matahari. Sedangkan gerhana matahari terjadi saat bulan berada diantara matahari dan bumi.

Penjelasan:

Gerhana merupakan fenomena terhalangnya cahaya matahari/bulan akibat posisi matahari, bumi, dan bulan berada dalam posisi yang sejajar. Gerhana bulan terjadi saat posisi bumi berada diantara bulan dan matahari. Sedangkan gerhana matahari terjadi saat bulan berada diantara matahari dan bumi.

Seperti yang kita tahu, bulan tidak memancarkan cahaya sendiri. Bulan nampak bersinar karena memantulkan cahaya matahri. Saat posisi bulan tepat berada di belakan bumi, maka sinar matahari akan terhalang oleh bumi. Akibatnya bulan tidak lagi memantulkan sinar. Fenomena ini disebut gerhana bulan.

Sedangkan saat bulan berada di antara matahri dan bumi, maka sebagian wilayah di bumi tidak akan mendapatkan cahaya matahari karena terhalang oleh bulan. Fenomena ini yang kita sebut gerhana matahari. Saat bulan menutupi matahari, bulan akan membentuk dua wilayah bayangan. Wilayah pertama disebut penumbra, yaitu wilayah yang tidak terlalu gelap. Dari wilayah ini, bulan hanya terlihat menutupi sebagian matahari saja. Wilayah kedua adalah umbra. Di daerah ini bulan akan terlhat menutupi matahari sepenuhnya.

 

Detil jawaban :

Kelas : 8

Mapel : IPA

Bab : Tata Surya

Kode : 8.4.10

 

Kata kunci : gerhana, bulan, matahari

BACA JUGA  Uraikan yang dimaksud rancangan perakitan