Photo Via Shutterstock by: Kindlena

Jelaskan langkah langkah metode perakitan barang dan jasa​

Jelaskan langkah langkah metode perakitan barang dan jasa​

Langkah langkah metode perakitan barang dan jasa​ adalah untuk Metode perakitan yang dapat ditukar tukar, bagian-bagian yang akan dirakit dapat ditukarkan satu sama lain. Langkah akan berbeda pada metode perakitan yang lain

Pembahasan

Perakitan adalah proses penyusunan dan penyatuan beberapa bagian komponen menjadi suatu barang yang mempunyai fungsi tertentu.

Dalam perakitan terdapat beberapa metode yang dapat diterapkan yakni

  1. Metode perakitan dapat ditukar tukar.  Pada metode ini, bagian-bagian yang akan dirakit dapat ditukarkan satu sama lain karena bagian tersebut dibuat oleh suatu pabrik  massal dan sudah distandarkan ISO dan standar lainnya. Pada metode ini waktu perakitan komponen yang lebih cepat dan dalam penggantian komponen yang rusak dapat diganti dengan komponen sejenis di pasaran, namun kita harus membeli komponen tersebut dengan harga yang relatif lebih mahal.
  2. Metode Perakitan dengan pemilihan.  Pada metode ini komponennya juga dihasilkan dengan produksi massal yang memiliki pengukurannya tersendiri menurut batasan-batasan ukuran.
  3. Metode Perakitan secara individual, dalam pengerjaannya tidak dapat dipisahkan antara pasangan satu dengan pasangannya. Maka langkah pengerjaannya ialah salah satu komponen yang berpasangan kita selesaikan terlebih dahulu, lalu pasangan lainnya menyusul dengan patokan ukuran dari komponen pertama.

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: wirausaha

Bab:   metode perakitan barang

 

Kata Kunci:  metode perakitan barang

BACA JUGA  Jelaskan cara cara pemisahan campuran?